--> BLOGGER OPS | Trik Blogging, SEO dan Perangkat Pembelajaran Bagi Guru

7/29/2017

Cara memasang Iklan Google Adsense Dibawah Postingan

Cara memasang Iklan Google Adsense Dibawah Postingan

 
cara pasang iklan dibawah postingan
contoh iklan dibawah postingan

Blogger yang memasang iklan google adsense dibawah artikel atau dibawah postingan/artikel akan berpeluang mendapatkan penghasilan yang lebih dari google adsense - Untuk memasang iklan dibawah artikel sebenarnya sangat mudah hanya saja membutuhkan ketelitian dalam memasang kode script iklan dalam tempelete. Untuk itu bagi blog pemula yang belum mengetahui cara membuat iklan diakhir postingan dapat mengikuti di sini yang saya akan jelaskan Cara memasang Iklan Google Adsense Dibawah Postingan secara terperinci

Iklan google adsense bukan hanya dapat memasang diakhir postingan/bawah artikel saja  tetepi kode script iklan adsense juga bisa memasang iklan diatas postingan tepat dibwah judul serta dapat memasang iklan adsense ditengah artikel. Tetapi yang dibahas sekarang adalah berkaitan dengan cara memasang iklan dibawah postingan. Iklan yang dipasang di bawah artikel bukan saja iklan google adsense tetapi semua jenis iklan bisa dipasang di bawah postingan. Iklan yang dipasang di bawah postingan akan tampil di paling akhir artikel akan berdekatan dengan tombol share media sosial. Manfaat yang diperoleh ialah akan mendapat peluang besar untuk penghasilan google adesense


Apa Itu Iklan diakhir Artikel


Iklan yang muncul diakhir artikel adalah unit iklan yang selalu tampil di semua halaman blog atau website akan ditayang dibawah artikel blog. Jika blog dibuka menggunakan versi mobile hp android maka iklan diakhir postingan akan muncul dalam dalam tengah artikel tetapi apabila blog dibuka menggunakan PC atau leptop maka tayangan iklan yang diletakan dibawah posting akan muncul tepat dibagian paling bawah artikel. Untuk format iklan yang diletakan pada akhir postingan ada yang responsiv ada juga yang ukuran 300 px x 250 px karena tergantung selera masing-masing pemilik blog

Namun untuk membuat iklan diakhir postingan tidak bisa dilakukan copy langsung kode script kode iklan dalam templete blog tetapi kode script iklan harus diparse terlebih dahulu. tetapi jika iklan google adsense tidak dipasang dalam area artikel maka tidak perlu diparse lagi

Baca : cara parse kode iklan adsense agar tampil di blog. 

Saya tekankan lagi semua kode iklan bisa diparse dan memang kode iklan harus diparse terlebih dahulu agar iklan bisa tampil dibawah. diatas, atau ditenga artikel, Semua jenis iklan kode nya bisa diparse, buka hanya kode iklan google adsense yang dapat diparse 


Sobat Pemblogger yang saya kasihi, bagi pemblogger pemula atau pemblogger yang sedang dalam tahap belajar pastinya dalam benak sedang bertanya-tanya " Bagaimana Cara Cara Pasang Iklan Dibawah Postingan" Sebelum memasang iklan pastikan anda sudah menjadi mitra Google Adsense. Bagi sobat yang sudah menjadi mitra google adsense. Iklan yang kita pasang diblog tentu akan mendapat penghasilan apabila blog atau artikel kita ada yang membuka. Selain iklan dipasang di setiap sidebar kiri dan kanan juga dapat dipasang di bawah postingan. Sebuah blog akan semakin baik dimata google apabila banyak pengunjungnya.


Pemasangan kode iklan di bawah artikel akan mendapat peluang besar untuk mendapatkan klik yang mana google adsense terbukti membayar bagi setiap mitra. Pemasangan iklan dibawah postingan dianggap paling strategis namun dengan catatan sesuai kebijakan google adsense pemasangan iklan tidak boleh melebihi lebih dari tiga iklan.

Peletakan Iklan Adsense dibawah postingan

Peletakan kode Iklan Google Adsense dibawah postingan tidak bisa menggunakan widget karena iklan yang berada dibawah post akan menyatu dengan kode HTML dalam body blog. Iklan yang dipasang dibawah artikel akan tampil paling bawah postingan hal ini iklan tidak berbaur dengan isi artikel. Dalam proses pemasangan kode iklan perlu untuk hati -hati karena dengan pemasangan yang kurang teliti dan kurang hati - hati akan menimbulkan EROR pada saat simpan tema atau templete. Sebelum kode iklan dipasang terlebih dahulu kode iklan tersebut diparshe terlebih dahulu. Aplikasi untuk memparshe kode iklan adalah dengan menggunakan tooll http://www.blogcrowds.com sebelum memasang iklan di blog terlebih dahulu memahami cara parse kode iklan adsense


Cara memasang iklan dibawah artikel

Berikut ini adalah cara memasang iklan google adsense dibawah artikel sebagai berikut

  1. Copy kode iklan dan pastekan di www.blogcrowds.com
  2. Setelah diparshe  buka akun blog anda
  3. Pilih Tema atau templete.
  4. Klik Edit Tema atau templete
  5. Cari kode <data:post.body/> Gunakan Ctrl + F, kode tersebut lebih dari satu pilih kedua atau kode yang ketiga
  6. JIka sudak ketemu kode dibawah tepat dibawan kode <data:post.body/>


<center>
...Iklan Adsense hasil Parse...
</center>

Cara memasang Iklan Google Adsense Dibawah Artikel

Jika iklan belum tampil coba dipasang dibawah setiap kode   <data:post.body/>   secara bergantian. Biasanya berada pada bagian ke tiga tetapi tergantung modifikasi kode templete. ada yang bisa pada bagian pertama, kedua atau ketiga. coba saja diletakan disatu persatu-persatu sampai iklannya tampil di bawah artikel

Baca Juga : Cara Mendapatkan & memasang Iklan Match Content Adsense

Kesimpulan

Dengan memasang iklan adsense dibawah artikel maka peluang mendapatkan klik akan bertambah karena iklan yang dipasang dalam artikel dapat tampil sesuai dengan konten yang dimuat
Demikian artikel yang berkaitan dengan Cara memasang Iklan Google Adsense Dibawah postingan

6/18/2017

 E-Rapor, E-Monitoring, E-Learning Segera LAUNCHING

E-Rapor, E-Monitoring, E-Learning Segera LAUNCHING


Sobat operator  sekalian, Pada tahun pelajaran 2017/2018 mendatang Aplikasi E-Rapor, E-Monitoring, E-Learning akan dirilis dan digunakan  bagi semua jenjang pendidikan. Sebuah aplikasi pengelolaan nilai, pengelolaan monitoring, dan pengelolaan belajar yang khusus ditujukan bagi sekolah. Semakin bertambahnya tahun semakin dicanggihkannya aplikasi pendataan pendidikan yang memberikan kontribusi yang baik dan akurat dalam satuan pendidikan. Aplikasi raport siswa dapat memberikan laporan nilai siswa ke kemendikbud.

Dalam wacana yang beredar di media sosial E- Monitoring yang akan dirilis belum tahu persis seperti apa fitur-fiturnya dan apa yang direncanakan oleh pusat pasti akan terealisasi. Kita sebagai Operator hanya menerima dan bersedia melakukan pendataan yang diminta sesuai prosedur dan mekanisme tanpa ada manipulasi.

Mari kita suksekan kemajuan pendidikan di tanah air, tanpa bersungut. Kita tahu bersama sistem pendataan menjadi tanggung jawab dari berbagai pihak mulai dari sekolah, dinas pendidikan kabupaten, propinsi dan kementerian pendidikan. Dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab semestinya kita didasari dengan rasa cinta dengan tanggung jawab sehingga pada akhirnya tidak berdampak pada kerugian satuan pendidikan pada khususnya dan pendidikan nasional pada umumnya. Memang pekerjaan operator sangatlah berat kerana selain mengerjakan dapodik tidak terlepas dari tugas mengerjakan manajemen sekolah bahkan operator sekolah dibebankan pada pengerjaan administrasi guru. Guru dan tenaga kependidikan juga seyogianya harus membagun kerja sama yang baik dengan operator sekolah sehingga berdampak posetif bagi pelaksanaan pendidikan.

Bocoran informasi yang dirangkum dalam berbagai media sosial bahwa dapodik versi 2017d, akan ada penambahan menu baru yakni jadwal mata pelajaran dan absen kehadiran guru, Yang menarik dalam aplikasi dapodik 2017d yang akan segera dirilis adalah pengisian kehadiran guru harus setiap hari dan tidak boleh melewati bulan berjalan, Adanya aplikasi dapodik yang terintegrasi dengan kehadiran guru maka berdampak posetif bagi keaktifan guru. Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber Aplikasi dapodik versi 2017d akan dirilis pada awal agustus 2017.

 E-Rapor, E-Monitoring, E-Learning LAUNCHING


Hal ini disampaikan oleh admin pusat kemdkibud melalui akun facebooknya

Semangat Pagi Indonesia...!!!
Pengelola Data Pendidikan, Sedang RAMAI Dengan ABJAD "E"....
E-raport... E-Monitoring.... E-Learning... dkk.
Jadi Tetap Semangat... Tapi Jangan MENGELUH ya... Karena Akan Segera LAUNCHING
"E-LIBURAN", walaupun Bekerja Tetap Bisa Liburan Melalui DARING...
#E_LIBURAN
#Eaaaaalahhhhh
#Go_Ahead_Nanti_Juga_Loe_Paham
--- Salam ---

Postingan facebook diatas adalah postingan yang berasal dari admin Kemeneterian Pendidikan Dan Kebudayaan RI di Jakarkta, Selayaknya kita sebagai Operator Sekolah selalu membuka status admin Kemdikbud karena sangat berguna bagi pendataan pada satuan pendidikan yang kita kerjakan datanya. Dalam akun facebook admin pusat kemendikbud juga telah menyebarkan kehadiran guru yang kemungkinan akan terintegrasi dengan dapodik, namun kita belum tahu mekanisme pendataannya. Rencana publikasi daftar hadir guru dan tenaga kependidikan di awal tahun pelajaran 2017/2018. Kita menantikan seperti model pendataannya.

Demikian informasi yang berkaitan dengan  E-Rapor, E-Monitoring, E-Learning Segera LAUNCHING agar kita sebagai guru selalu melek IT. Perlu kita sadari bersama bahwa kemingkinan waktu yang akan data bisa saja kemendikbud menggunakan daftar hadir onlien yang semakin canggih, kita lihat contoh sejak tahun 2012 yang lalu kemendkibud sudah mulia menerapkan sistem pendataan online yang walaupun sistem dapodik pertama tidak begitu canggih seperti dapodik yang sekarang kita gunakana.

Sistem pendataan yang akurat dan akuntable berdampak pada pengaruh posetif bagi kemajuan penndidikan, misalnya sudah mengurangi manipulasi data. Namau masih ada yang kurang siap melaksanakan sistem pendataan online karena berbagai faktior yaitu sarana prasana yang kurang memadai, jaringan internet yang terjangkau di sekolah, akses tranportasi serta SDM. Aplikasi Rapor yang terintegrasi dengan dapodik akan memberikan pengaruh yang posetif dalam dunia pendidikan yang serba online yang menuntuk setiap guru kelas dan guru mata pelajaran menginput sendiri nilai dalam sebuah aplikasi dapodik.



6/06/2017

Langkah-langkah untuk verifikasi SIM PKB 2017

Langkah-langkah untuk verifikasi SIM PKB 2017


Langkah-langkah untuk verifikasi SIM PKB 2017

Langkah-langkah untuk verifikasi SIM PKB 2017 :Verifikasi dan validasi data ini dalam rangka persiapan pelaksanaan PKB Guru tahun 2017.



PKB 2017 berbasis Komunitas Guru/Pokja (KKG/MGMP). Berikut informasi dari Dirjen GTK mengenai prosedur pendataan Pokja/Komunitas Guru di SIM PKB.

Bagi yang belum mengikuti UKG tahun 2016 maka registrasi di https://sim.gurupembelajar.id/akun/registrasi

Catatan:
Panduan ini diperuntukkan bagi guru yang akunnya telah aktif (telah melakukan registrasi akun).
Sebelum login, guru diharapkan telah menyiapkan data username dan password


Apabila guru ybs lupa password dan hendak mencetak ulang akun (reset password), silahkan minta cetak ulang (reset password) kepada : 
  1. Ketua Komunitas KKG/MGMP atau
  2. Admin GP Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat atau
  3. Admin P4TK naungan Anda.

Akun yang terdeteksi sudah pernah diaktifkan sebelumnya tidak bisa dicetak ulang secara mandiri melalui menu Registrasi Akun. 

 Berikut Langkah-langkah untuk verifikasi SIM PKB 2017 

  1. Buka laman sim.gurupembelajar.id di browser. Isikan Username dan password kemudian klik tombol Login.
  2. Jika berhasil login, maka Anda akan masuk pada Halaman Verifikasi Data. Silahkan periksa Instansi Sekolah, Mapel, dan Jenjang Sekolah
  3. Jika ada perubahan Instansi Sekolah, maka klik pada Tombol Pensil di kotak yang berisi data Instansi Sekolah 
  4. Maka akan muncul tampilan di bawah ini, dan silahkan memilih sekolah di tempat anda mengajar, klik Tombol Simpan.
Langkah-langkah untuk verifikasi SIM PKB 2017
5. Jika ada perubahan Mata Pelajaran, maka klik pada Tombol Pensil di kotak yang berisi data Mata Pelajaran

6. Silahkan memilih Mata Pelajaran yang Anda ajarkan di sekolah, lalu klik Tombol Simpan
7. Setelah data Sekolah Induk dan Mata Pelajaran diverifikasi dan divalidasi, silahkan klik Tombol Simpan
8.Proses Verifikasi dan Validasi selesai.

9. Anda dapat mengakses menu-menu di SIM PKB melalui icon Beranda di pojok kiri Atas,
10. Lalu Klik Komunitas anda, jika anda belum masuk dalam komunitas maka anda harus melapor kepada ketua komunitas atau langsung saja ke Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten untuk mendaftarkan anda dalam komunitas sesuia lokasi sekolah anda


SIM PKB tahun 2017 adalah sebuah kegiatan yang menindaklanjuti hasil UKG atau Guru Pembelajar tahun 2016 yang mana setiap guru yang mendapat sertifikat bagi lulus dan yang belum lulus dalam Ujian Guru Pembelajar pada Tahun 2016

Capaian Kompetensi yang terdapat dalam akun SIM PKB terdapat Nama KM yakni jenjang SD Kelas Bawah dan SD Kelas Atas.

Pada Akun SIM PKB ada hal-hal yang perlu di updet yaitu foto profil pengguna serta mengapdet kontak pengguna ( Email dan Nomor HP) pengguna yang sedang aktif. Perbedaan yang mendasar pada SIM PKB dan Guru Pembelajar (GPO) Tahun 2016 adalah tempat pelaksanaan Kegiatan saja. SIM PKB yang diselenggarakan tahun 2017 dilaksanankan di setiap gugus sekolah dengan mendatangkan narasumber / IN Instruktur, GPO tahun 2016 dilaksanakan di sekolah yang berdakatan dengan ibu kota yang ditentukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten.

Berkaitan dengan biaya pelaksanaan serta akomodasi pelaksanaan PKB kemungkinan masih seperti tahun 2016 yang menggunakan APBN namun sejauh ini belum ada informasi resmi yang terkait dengan biaya dan pendanaan pelaksanaan PKB. Nilai kelulusan SIM PKB kemunkinan akan dinaikan dari ambag batas tahun 2016. Nilai tersebut ditentukan oleh kemdibud, guru dinyatakan lulus apabila melebihi nilai yang diperoleh pada saat ujian melebihi ambang batas yang ditentukan oleh kemdikbud

Mencetak Kartu Anggota

Untuk Mencetak Kartu Anggota  POKJA anda harus terdaftar terlebih dahulu dalam komunitas PKB. Apabila belum terdaftar dalam Komunitas/POKJA maka tidak bisa untuk mencetak kartu peserta PKB.
Cara mencetak Kartu Anggota :
- Login di Akun SIM PKB
- Klik Data Komunitas
- Klik Tanda print bagian kanan

Selesai


6/03/2017

Cek Nilai Rapor Aspek Pengetahun, Keterampilan, Dan Sikap

Cek Nilai Rapor Aspek Pengetahun, Keterampilan, Dan Sikap

Cek Nilai Rapor Aspek Pengetahun, Keterampilan, Dan Sikap

Cek Nilai Rapor Aspek Pengetahun, Keterampilan Sikap: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilih upadater dapodik yang sangat canggih yang mana perlahan-lahan aplikasi dan server dapodik sudah memalai meminta nilai rapor dan nilai US/USBN untuk harus diinput dalam aplikasi dapodik.Nilai tersebut akan dikirim secara internet dan sampai ke Kemendikbud.

Permintaan nilai rapor oleh kemdikbud dimulai dari tahun pelajaran 2014 semester 1, hal ini berarti nilia siswa aktif dikelas pada satuan pendidikan tersebut harus diinput nilainya sejak dari tahun 2014 semester 1, Misalkan pada saat ini siswa berada di kelas 5 SD maka diinput nilainya sejak dari kelas 3 semeseter 1 apabila siswa tersebut tidak pernah tahan kelas. Jika siswa itu berada pada kelas 6 SD maka input nilainya sejak dari kelas 4 SD semester 1 apabila siswa tersebut tidak pernah tahan kelas dan seterusnya

Setelah input nilai rapor yang terdiri dari aspek kognitif (pengetahuan), Keterampilan dan Sikap (efektif) maka dapat di syncron di server dapodik. Untuk mengecek hasil syncron nilai melalui login Operator sekolah pada server dapodikdasmen ( http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id)

Mengecek nilai yang masuk di di server dapodik untuk memastikan apakah nilai rapor yang terkirim sudah masuk atau atau tidak.

Menu nilai siswa terdiri dari beberap item yaitu rombel, mata evaluasi, semester, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedngakn  kategori nilai terdri dari pengetahuan, Keterampilan dan sikap. pengetahuan yang wajib diisi adalah KKM, Nilai dan predikat dengan menggunakan angka perpuluhan. Keterampilan juga terdiri dari KKM, Nilai dan predikat, sedangkan untuk aspek sikap terdiri dari spiritual dan sosial namun nilai sikap hanya berlaku bagi mata pelajaran Bahasa Indonesia saja.

Cek Nilai Rapor Aspek Pengetahun, Keterampilan, Dan Sikap :


1.Kunjungi laman http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id
2. Login Operator Sekolah
3. Masukan email, paspor dan kode registrasi dapodik
4. Klik Siswa aktif
Cek Nilai Rapor Aspek Pengetahun, Keterampilan, Dan Sikap

5 Klik Biodata siswa
6. Pada data diri akan tampil Menu Nilai, Prestasi, dan beasiswa
7. Pada menu nilai terdapat sub menu Nilai Pengetahuan, Keterampilan dan sikap yang diinput dari tahun pelajaran 2014/2015
8. Pada menu prestasi akan menampilakan prestasi siswa yang diinput di dapodik
9. Pada menu Beasiswa menampilkan jenis beasiswa yang input dalam aplikasi dapodik

Nilai rapor akan dikalkulasikan dengan nilai US/USBN nilai teori dan praktek. Penginputan nilai US/USBN adalah hasil akhir perhitungan nilai rapor, US/USBN serta nilai praktek siswa dan diisi pada login dapodik semeseter dua. Operator sekolah seyogianya menginput atau memasukan nilai rapor dan nilai US/USBN untuk menghindari kerugian siswa serta satuan pendidikan.

Bagi guru yang mutasi atau tidak lagi aktif pada satuan pendidikan tersebut maka yang menjadi tanggung jawab atas proses penginputan nilai adalah guru kelas yang menjabat sekarang serta operator dapodik karena bisa saja guru kelas meminta bantuan untuk mengisi nilai rapor siswa di aplikasi dapodik

Jaman teknologi yang semakin berkembang saat ini sangat mungkin lembaga kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merilis absen siswa dan absen guru yang terintegrasi dengan dapodik yang mungkin juga akan dikirim secara online. Sangat disayangkan apabila kita sebagai petugas yang mengentri data pendidikan tidak melek atau tidak kemampuan dibidang IT karena hal itu akan merugikan lembaga pendidikan pada khususnya dan negara pada umumnya.

Demikian informasi yang berkaitan dengan Cek Nilai Rapor Aspek Pengetahun, Keterampilan Dan Sikap



5/15/2017

Cara Membuat Akun Login Siswa Di Aplikasi Dapodikdasmen

Cara Membuat Akun Login Siswa Di Aplikasi Dapodikdasmen

Cara Membuat Akun Login Siswa Di Aplikasi Dapodikdasmen

Cara Membuat Akun Login Siswa Di Aplikasi Dapodikdasmen : Saudara Operator Dapodikdasmen yang saya kasihi pada kali ini saya berbagi sedikit pengalaman yang sekiranya sedikit bermanfaat bagi teman-teman operator dapodik

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap PTK/guru dan tenaga kependidikan diperlukan untuk membuat akun login masing-masing di aplikasi dapodikdasmen terutama pada versi terbaru 2017c yang mana diharuskan bagi guru untuk memiliki user login.

Seiring dengan akun login PTK Kemdikbud juga telah membuat atau merilis akun login bagi siswa dengan user nam NISN ( Nomor Induk Siswa Nasional ). Tampilan akun login siswa tidak jauh berbeda dengan akun login Operator dan PTK hanya saja fitur untuk data rinci persiswa saja yang dapat di tampilkan. Untuk sekarang belum ada info yang sangat penting dari kemendikbud yang berkaitan dengan pemanfaatannya terkait akun login siswa. Untuk tahun yang akan datang mungkin akun login siswa sangat penting untuk lengkapi tetapi saat ini admin hanya sekedar berbagi tentang Cara Membuat Akun Login Siswa Di Aplikasi Dapodikdasmen
Akun login siswa dalam aplikasi dapodik terdapat dapat data rinci siswa yang terdiri dari detai data sampai pada data prestasi siswa serta terdapat akademik siswa.Tampilan login siswa memiliki kesamaan pada saat login operator hanya saja perbedaan untuk edit data siswa hanya dapat dilakukan oleh operator sekolah. Operator mempunya kewenaanga untuk edit data siswa sesuai dengan data yang ada.

Berikut  Cara Membuat Akun Login Siswa Di Aplikasi Dapodikdasmen :
2. Pilih Pengaturan
Pada bagian pengaturan terdiri beberapa item lagi yaitu manajemen pengguna yang berfungi pengelolaan pengguna aplikasi, cek pembaharuan aplikasi yang berfungsi sebagai perubahan updater terbaru dari kemdikbud, data prefill rapor berfungsi sebagai data nilai rapor siswa. Pengaturan aplikasi berfungsi sebagai mengubah tampilan aplikasi yang diinginkan
3. Pilih Manajemen pengguna. 
Dalam manajemen pengguna terdapat login PTK dan siswa. Untuk membuat login siswa maka anda harus mengklik bagian buat login siswa username menggunakan NISN ( Nomor Induk Siswa Nasional)
Manajemen pengguna dalam aplikasi dapodik terdapat beberapa item lagi yaitu menu simpan, ubah status keaktifan, buat login PD dan filter pengguna

4. Ketik/isikan kode registrasi dapodik.
Kode registrasi dapodik adalah kode yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan diperuntukan untuk setiap sekolah. Kode registrasi ini bersifat unik dan rahasia dan tidak memiliki kesamaan untuk semua satuan pendidikan. Bila kode registrasi dapodik tidak diingat lagi maka yang berhak pengajuan perubahan atau reset adalah dinas pendidikan kabupate. Kode registrasi dapodik tidak diberikan kepada pihak lain karena akan merugikan sekolah.

 5. Selanjutanya akan menampilkan daftar operator
Daftar Operator dalam aplikasi dapodik akan terdeteksi dalam manajemen pengguna. Bagi sekolah yang sering pergantian operator sekolah maka daftar operator terdata dalam manajemen pengguna. Untuk menonaktifkan operator sekolah yang tidak lagi menjabat harus melaporkan ke operator dinas pendidikan.
6. Pilih buatkan login untuk PD 
Pembuata akun login siswa hanya dapat dilakukan apabila siswa yang terdata dalam dapodik telah memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). NISN akan menjadi user bagi siswa dan paspor adalah tanggal lahir siswa.

7.Klik Ya
Login peserta didik menggunakan NISN dan paspornya adalah tanggal lahir format penulisan paspor pada saat login PD adalah contoh 2008-05-03
Ketika berhasil login akan tampil bagian beranda, peserta didik, profil pengguna serta tombol log out.
Tampilan beranda menampilkan halaman depan satuan pendidikan dan halaman depan siswa

Cara Membuat Akun Login Siswa Di Aplikasi Dapodikdasmen

Adapun manfaat akun login siswa adalah bahwa data siswa terintegrasi dengan dapodik, sejauh ini belum ada sejauh mana pentingnya akun login siswa, namun yang pasti akun login siswa sangat bermanfaat bagi satuan pendidikan pada umumnya dan siswa yang bersangkutan pada khususnya. Tampilan akun login siswa dalam aplikasi dapodikdasmen. Untuk mengganti email serta menghapus daftar OPS  dapodikdasmen adalah kewenangan dinas pendidikan, By Ruben


Cara Mudah Input Nilai Rapor Menggunakan MS-Excel

Cara Mudah Input Nilai Rapor Menggunakan MS-Excel


Cara Mudah Input Nilai Rapor Menggunakan MS-Excel

Cara Mudah Input Nilai Rapor Menggunakan MS-Excel : Sahabat Operator Sekolah yang saya kasihi, Dapodik Versi 2017 c mewajibkan setiap satuan pendidikan untuk menginput dan mengirim nilai rapor SD sejak tahun pelajaran 2014/2015, Tugas ini ditanggungjawabkan oleh guru wali kelas dan guru mata pelajaran. Kadangkala guru sering memberikan tanggung jawab kepada operator sekolah karena alasan berbagai hal. Untuk mempermuda penginputan nilai rapor dalam aplikasi dapodik Kementerian pendidikan khususnya yang menangani langsung dapodikdasmen telah menyediakan fasilitas untuk eksport dan inport nilai rapor siswa dalam bentuk program MS-Excel. Dengan kita menggunakan progra.
MS-Excel maka dapat mempermudah untuk menginput nilai rapor siswa dalam aplikasi dapodikdasmen

Sebelum menginput nilai rapor Operator sekolah terlebih dahulu membuat akun guru pada menu pengusan 



Berikut ini adalah yang saya dapat sajikan Cara Mudah Input Nilai Rapor Menggunakan MS-Excel

1.Menu Nilai
Nilai yang diinput adalah nilai yang terdapat dalam buku laporan pendidikan siswa sejak dari tahun 2014 semester 1. Bagi kelas 6 SD untuk nilai US adalah nilai akhir yang penggabungan nilai raport dan nilai ujian sekolah.

2.Pilih tahun pelajaran diprioritaskan tahun pelajaran 2016/2017 semester ganjil atau diisi dahulu semeseter tahun pelajaran 2016/2017 semester ganjil

3. Klik tambahkan.
Mata pelajaran yang perlu ditambahkan adalah mata pelajaran wajib dan benar-benar ada di sekolah. Penambahan mata pelajaran dalam apalikasi dapodik untuk diisi nilai rapornya sebaiknya ditambahkan secara berurutan sesuia urutan mata pelajaran yang terdapat di buku rapor siswa

 4. Silakan pilih mata pelajaran. Pilihlah urutan yang sesuai deangan urutan mata pelajaran yang di Buku Rapor siswa


 5. Klik double pada salah satu mata pelajaran untuk menampilkan bagan nilai rapor siswa 



 6. Pilih Ekspor pada kolom Eksport dan import sehingga format MS-Excel dapat di download

7. Buka format MS Excel jangan merubah formatnya , karena kalau dirubah tidak akan dapat diunggah
8. Isi nilai rapor dalam bentuk excel

9. Jika sudah selesai mengisi nilai raport yang diexcel maka selanjutnya adalah menggunggah.
10. pilih kembali eksport dan inpor 
11 maka akan tampil seperti ini
Demikian Informasi yang berkaitan dengan Cara Mudah Input Nilai Rapor Menggunakan MS-Excel, semoga dapat membantu