--> Cek Nilai Rapor Aspek Pengetahun, Keterampilan, Dan Sikap | BLOGGER OPS

6/03/2017

Cek Nilai Rapor Aspek Pengetahun, Keterampilan, Dan Sikap

| 6/03/2017
Cek Nilai Rapor Aspek Pengetahun, Keterampilan, Dan Sikap

Cek Nilai Rapor Aspek Pengetahun, Keterampilan Sikap: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilih upadater dapodik yang sangat canggih yang mana perlahan-lahan aplikasi dan server dapodik sudah memalai meminta nilai rapor dan nilai US/USBN untuk harus diinput dalam aplikasi dapodik.Nilai tersebut akan dikirim secara internet dan sampai ke Kemendikbud.

Permintaan nilai rapor oleh kemdikbud dimulai dari tahun pelajaran 2014 semester 1, hal ini berarti nilia siswa aktif dikelas pada satuan pendidikan tersebut harus diinput nilainya sejak dari tahun 2014 semester 1, Misalkan pada saat ini siswa berada di kelas 5 SD maka diinput nilainya sejak dari kelas 3 semeseter 1 apabila siswa tersebut tidak pernah tahan kelas. Jika siswa itu berada pada kelas 6 SD maka input nilainya sejak dari kelas 4 SD semester 1 apabila siswa tersebut tidak pernah tahan kelas dan seterusnya

Setelah input nilai rapor yang terdiri dari aspek kognitif (pengetahuan), Keterampilan dan Sikap (efektif) maka dapat di syncron di server dapodik. Untuk mengecek hasil syncron nilai melalui login Operator sekolah pada server dapodikdasmen ( http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id)

Mengecek nilai yang masuk di di server dapodik untuk memastikan apakah nilai rapor yang terkirim sudah masuk atau atau tidak.

Menu nilai siswa terdiri dari beberap item yaitu rombel, mata evaluasi, semester, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedngakn  kategori nilai terdri dari pengetahuan, Keterampilan dan sikap. pengetahuan yang wajib diisi adalah KKM, Nilai dan predikat dengan menggunakan angka perpuluhan. Keterampilan juga terdiri dari KKM, Nilai dan predikat, sedangkan untuk aspek sikap terdiri dari spiritual dan sosial namun nilai sikap hanya berlaku bagi mata pelajaran Bahasa Indonesia saja.

Cek Nilai Rapor Aspek Pengetahun, Keterampilan, Dan Sikap :


1.Kunjungi laman http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id
2. Login Operator Sekolah
3. Masukan email, paspor dan kode registrasi dapodik
4. Klik Siswa aktif
Cek Nilai Rapor Aspek Pengetahun, Keterampilan, Dan Sikap

5 Klik Biodata siswa
6. Pada data diri akan tampil Menu Nilai, Prestasi, dan beasiswa
7. Pada menu nilai terdapat sub menu Nilai Pengetahuan, Keterampilan dan sikap yang diinput dari tahun pelajaran 2014/2015
8. Pada menu prestasi akan menampilakan prestasi siswa yang diinput di dapodik
9. Pada menu Beasiswa menampilkan jenis beasiswa yang input dalam aplikasi dapodik

Nilai rapor akan dikalkulasikan dengan nilai US/USBN nilai teori dan praktek. Penginputan nilai US/USBN adalah hasil akhir perhitungan nilai rapor, US/USBN serta nilai praktek siswa dan diisi pada login dapodik semeseter dua. Operator sekolah seyogianya menginput atau memasukan nilai rapor dan nilai US/USBN untuk menghindari kerugian siswa serta satuan pendidikan.

Bagi guru yang mutasi atau tidak lagi aktif pada satuan pendidikan tersebut maka yang menjadi tanggung jawab atas proses penginputan nilai adalah guru kelas yang menjabat sekarang serta operator dapodik karena bisa saja guru kelas meminta bantuan untuk mengisi nilai rapor siswa di aplikasi dapodik

Jaman teknologi yang semakin berkembang saat ini sangat mungkin lembaga kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merilis absen siswa dan absen guru yang terintegrasi dengan dapodik yang mungkin juga akan dikirim secara online. Sangat disayangkan apabila kita sebagai petugas yang mengentri data pendidikan tidak melek atau tidak kemampuan dibidang IT karena hal itu akan merugikan lembaga pendidikan pada khususnya dan negara pada umumnya.

Demikian informasi yang berkaitan dengan Cek Nilai Rapor Aspek Pengetahun, Keterampilan Dan Sikap



Related Posts

No comments:

Post a Comment