--> Cara Input Jadwal Mengajar Dalam Rombel Yang Sama Double Shift | BLOGGER OPS

8/16/2017

Cara Input Jadwal Mengajar Dalam Rombel Yang Sama Double Shift

| 8/16/2017
Cara Input Jadwal Mengajar Dalam Rombel Yang Sama Double Shift : Terbitnya dapodik versi terbaru yaitu aplikasi dapodikdasmen v.2018 mengalami banyak perubahan baik mekanisme maupun penambahan fitur-fitur baru. Sebagai operator sekolah seyogianya memahami lebih dulu panduan resmi aplikasi dapodik sehingga dalam proses pengerjaannya tidak menyimpang dari atuaran dan mekanisme yang ditetapkan oleh kemendikbud.

Beberapa hal yang menjadi kendala terkait sarana prasana yang kurang memadai sehingga dalam penginputan data sarpras memang sedkit sulit dibandingkan dengan aplikasi dapodik versi 2017 yang lalu, Dalam aplikasi dapodik versi 2018 tidak memperbolehkan pengisian jadwal pelajaran dalam rombel yang sama digunakan oleh dua kelas namun sesuai panduan resmi dapodik v 2018 mendapat mendapat perlakuan khusus bagi rombongan belajar yang sama digunakan oleh dua kelas sebagaimana yang tercantum dalam halaman no 39 dalam panduan aplikasi dapodik v 2018.

Perancang dapodik memang harus memberikan perlakuan khusus bagi rombel yang digunakan oleh dua kelas karena sekolah tidak bisa merekayasa atau menambahkan rombongan belajar yang memang secara fakta tidak ada di sekolah, terkadang ada juga sekolah 1 rombongan belajar digunakan oleh 3 kelas yang berbeda.

Proses Penginputan Jadwal Mengajar Dalam Rombel Yang Sama Di Aplikasi Dapodik

Penginputan jadwa mengajar digunakan oleh dua kelas dalam satu rombel yang sama dapat mengikuti dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Contoh Kasus :
Di sekolah A hanya terdapat 5 rungang belajar, kelas 2 dan kelas 3 menggunakan rombel yang sama yaitu ruang 1, Maka cara pengerjaannya adalah :
1. Login ke aplikasi dapodik
2. Pilih rombongan belajar yang digunakan oleh dua kelas yang berbeda
3. Ubah nama rombel semula menjadi contoh seperti Kelas 2/3. Misalnya lagi di sekolah anda ada dua kelas yaitu kelas 3 dan 4  yang menggunakan satu rombel yang sama maka beri nama rombel kelas 3/4
Jadwal Mengajar

4. Jika sudah selesai maka klik jadwal lalu pilih nama rombel yang digunakan oleh dua kelas
5. Input Jadwal mengajar kelas yang lebih awal misalnya kelas 2 dimulai dengan pengisian jam ke 1 sampai terakhir, Untuk jadwal Pelajaran kelas 3 dimulai sejak berakhirnya jam pelajaran kelas 2, maka akan terdeteksi masing-masing nama guru wali kelas 2 dan 3. Perhatikan seperti gambar dibawah ini !

Jadwal Mengajar

Pada jadwal di prasarana di atas digunakan oleh dua kelas yang berbeda tingkatan yaitu kelas 2 dan kelas 3 dengan nama rombel di aplikasi dapodik adalah Kelas 2/3. Sekian totorial yang admin berikan sesuai panduan resmi dapodikdasmen. By Admin R. Mbiliyora,S.Pd

Related Posts

No comments:

Post a Comment