--> Cara Mendapatkan dan Memasang Iklan Matched Content Adsense? | BLOGGER OPS

7/06/2018

Cara Mendapatkan dan Memasang Iklan Matched Content Adsense?

| 7/06/2018
Matched Content Adsense
Matched Content Adsense - Unit matched conten adalah unit iklan konten yang sesuai yang di rilis oleh google adsense baru baru ini yang biasanya tampil untuk mempromisikan konten yang sesuai konten yang berasal dari blog kita, konten orang lain atau konten marketing online. Penayangan jenis iklan ini akan disesuaikan dengan konten yang terdapat dalam blog. Karena penayangannya disesuaikan dengan jenis konten yang terdapat dalam blog maka tak semua akun google adsense di berikan fitur ini. Mekanisme tampilan unit iklan konten yang sesuai ini sama seperti dengan artikel terkait atau related post. 

Releated Post yang diberikan oleh google adsense berbeda denga releated post yang kita desain milik palfom blogspot. Perbedaan releated post adsense terlihat pada pojok atas bertuliskan Powered By Google sedangan dari blog tidak. Perbedaan lain ketika pengunjung mengklik salah satu konten yang terdapat dalam matched content akan dibayar oleh google adsense tetapi ketika pengunjung  membuka salah satu artikel terkait atau releated pos milik blogger tidak dibayar

Lantas Bagaiama cara memiliki fitur unit ikan Matched Content Adsense? 

Sabar... Ini membutuhkan kesabaran waktu dan kerajinan mengupdet artikel blog secara berkala dan struktur blog yang baik dan rapi serta pengaturan menu navigasi yang benar pula. 

Pengalaman saya bermain dengan google adsense melalui kegiatan blogging selama 2 tahun fitur Matched Content baru diberikan oleh google adsense. Jadi betapa senangnya saya ketika ada pemberitahuan untuk menggunakan unit iklan seperti ini. Kalau hanya diam saja yang jelas tidak akan bisa mendapatkan iklan matched content karena memang jenis iklan matched content tidak langsung ada ketika kita diberikan satu akun oleh adsense. Unit iklan konten yang sesuai hanya diberikan kepada mereka yang situsnya memenuhi syarat dari adsense.


Manfaat Iklan Mathed Content Adsense

Banyak manfaat bagi publisher yang memanfaatkan iklan konten yang sesuai terutama dalam penghasilan akan menjadi naik dratis, Selain itu blog akan selalu ramai dengan pengunjung karena terdapat artikel terkait dengan berhubungan dengan nich tertentu dalam blog sehingga mengundang visitor untuk mengklik artikel terkait yang melekat dalam iklan matched content. Hal lain yang akan diperoleh dari pemasangan iklan tersebut dapat menambah page view blog karena pengunjut telah membuka artikel terkait. 

Dalam konteks pendapatan iklan matched content akan meningkatkan BPK adsense (Biaya Per Klik). Lagi-lagi dapat memungkinkan pihak advister menawarkan iklannya dengan bayaran yang tinggi, namun hal ini kualitas konten harus diperhatikan karena pihak advister hanya mau kepada kontent yang berkualitas. Dari segi artikel google adsense telah membantu untuk mempromosikan konten-konten yang terdapat dalam blog karena tampilannya seperti artikel terkait 

Jujur berkat dari pengalaman saya ketika saya sudah mendapatkan jenis ikan konten yang sesuai penghasilan blog menjadi naik drastis 



Syarat Untuk Mendapatkan Mathed Content Adsense

Jika kita sudah memiliki akun google adsense yang terpasang diblog lantas kita diamkan saja jarang melakukan updet konten secara berkala agak sulit untuk mendapatkannya, karena memang untuk memperoleh jenis iklan konten yang sesuai volume atau jumlah konten yang terdapat dalam blog. Berikut syarat harus dipenuhi agar mudah memperoleh unit iklan matched content adsense :


Jumlah Artikel Dalam Blog


Berdasarkan pengalaman yang saya alami selama 2 tahun memiliki akun adsense, jumlah konten yang terdapat dalam blog merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan metched content adsense. Berapa jumlah konten yang ada dalam sebuah blog

Berbicara tentang volume content ada beberapa pemahaman yang muncul dalam blogger, ada yang bilang jumlah konten harus mencapai dua ratusan ada juga yang bilang jumlah konten 400 bahkan ada juga yang bilang puluhan konten. Tetapi saya ketika mendapatkan iklan konten sesuai jumlah artikel yang terdapat dalam mencapai 160 buah konten.

Jadi saya bisa mengambil kesimpulan untuk mendapatkan fitur unit iklan matched content paling tidak jumlah postingan sudah mencapai 100 lebih.

Nich Blog

Ada yang mengatakan agar mendapatkan medol iklan mathed content harus memiliki blog yang membahas suatu topik khusus. Tetapi menurut saya tidak selamanya harus memiliki blog yang nich yang membahas suatu topik khusus. Blog gado-gado juga bisa. Contohnya blog saya yang sekarang ini adalah blog gado-gado yang membahasa beberapa topik yaitu topik adsense, blogging dan pendidikan. 

Jadi ada tiga topik yang tersaji dala blog ini tetapi kenyataanya saya diberikan fitur matched content adsense oleh tim google adsense. Yang penting di sini yang diperhatikan adalah kualitas dan jumlah konten.

Jumlah Trafik Blog

Berkaitan dengan jumlah trafik blog memang menjadi syarat untuk memperoleh mathed content. Banyak versi yang bertaburan di blog hal ini didasarkan pengalaman dan pemahaman masing-masing pemblogger. Ada yang menagatakan jumlah trafik 2000 perhari, ada juga yang mengatakan 1000 perhari itu sah-sah saja karena berdasarkan pengalaman. 

Di sini saya yang saya dapatkan trafik blog ketika mendapatkan iklan matched content hanya berkisar 500 sampai 1000 sudah langsung diterima yang penting harus trafik organik.

Selalu Updted Arikel Untuk Mendapatkan Matched Content 

Melakukan updet artikel secara berkala akan memiliki peluang besar untuk di berikan iklan matched content adsense. Artikel-artikel terbaru sangat mendukung sebuah situs untuk crwal oleh robot google, bahkan pembuatan kontent berkala sangat besar peluang untuk tampil di papan atas 


 Menu Navigasi Blog 

Salah satu faktor keberhasilan untuk mendapatkan iklan kontent yang sesuai adalah pengaturan menu navigasi berdasarkan kategori artikel yang baik. Fungsi menu navigasi blog memudahkan pengunjung untuk menemukan kontent sesuai kategori.

Setiap menu navigasi harus memiliki artikel yang memadai yang dibuat berdasarkan kategori artikel. Untuk setiap menu navigasi paling tidak mencapai 10 kontent. Konten yang dimasukan dalam menu navigasi tertentu harus memiliki kaitannya dengan nama menu navigas. Contohnya jika menu navigasinya tentang Bahan Ajar Guru maka artikel yang ada dalam menu tersebut harus artikel yang membahasa yang berkaitan dengan Bahan  Ajar Guru.

Jika syarat-syarat diatas sudah ada dalam blog maka tidak lama lagi tim google adsense akan meriview blog ada dan apabila berikan akan ada pemberitahuan di dasbor blog khususnya bagian pengoptimalan.


Cara Memasang Matched Content Adsense


Seperti yang sudah jelaskan diatas, fituh matched content tidak langsung ada tetapi harus melalui perjuangan dan keuletan dalm blogging, Jika sudah mendapatkan iklan matched content adsense maka siap untuk dipasang. Jika sobat belum mengetahui cara memasang iklan matched content adsense maka sekarang saya akan membahasnya. Pemasangan unit iklan tersebut di letakan dalam artikel, ditengah artikel dan dengan cara memasang di satu satu widged


Cara Pasang Matched Content Di Bawah Post

Iklan Matched content adsense bisa di terapkan di bawah postingan akan muncul seperti releated post atau artikel terkait sehingga pengunjung akan melihat tepat di akhir postingan. Pada sisi lain dapat mengundang pengunjung untuk membaca artikel terkait dengan artikel yang dibaca

Berikut cara memasang iklan matched content adsense ditepat bawah artikel:

  • Buka akun google adsense sobat 
  • Pilih Unit Iklan Baru
  • Pilih Matched content kalau dalam bahasa Indonesia Konten Yang Sesuai
  • Di Dalamnya akan melihat situs yang memenuhi syarat. Jika sobat memiliki lebih dari satu situs maka iklan matched content hanya boleh dipasang di blog yang memenuhi syarat. Jangan sekali-kali memasang iklan jenis ke blog yang belum memenuhi syarat karena berhubungan dengan TOS Google Adsense. Perhatikan seperti gambar dibawah ini !
Matched Content adsense

  • Jika sobat mau berkreasi maka bisa memanfaat untuk menggunakan Opsi Iklan, Gaya dan Ukuran Iklan 
  • Klik Simpan dan dapatkan kode, Kode tersebut simpan dulu di notepad karena sebentar akan di letakan dalam tempele blog
  • Buka tempele blog - Edit HMTL 
  • Cari kode  ]]</b:skin>  code kode CSS dibawah ini kemudian letakan diatas ]]</b:skin>
/*Matched Content*/
.matched-content h2 {
font-size: 18px;
margin: 0 0 5px;
background: whitesmoke;
padding: 5px;
border: 1px solid #ddd;
}


  • Tahap berikut cari lagi <data:post.body/> Kode tersebut lebih dari satu dalam tempelete blog. Cari kode yang kedua dari atas atau yang ketiga dan atau kode <data:post.body/> yang biasa digunakan memasang iklan dibawah post.
  • Copy kode dibawah ini dan pastekan dibawah kode <data:post.body/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div class='matched-content'>
<h2>Baca Juga :</h2>
Script Matched Content Yang sudah Di Parse  
</div>
</b:if>


  • Tulisan berwarna merah adalah letak kode script  iklan matched content yang telah diparshe
  • Simpan Templete dan lihat hasilanya minimal 10 menit iklan matched content dapat tertayang di blog sobat

Cara Memasang Unit Iklan Matched Content Menggunakan Salah Satu Widget

Untuk memasang iklan menggunakan salah satu widget tidak sulit-sulit amat, tidak perlu untuk masuk dalam templete blog cukup hanya menambahkan salah satu widget lalu pastekan kode script iklan matched content adsense.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal maka peletakan kode iklan matched content adsense menggunakan widget sebelah kanan atau bagian kiri. Tampilan iklan matched conten adsense sama seperti releated post yang muncul di salah satu sidebar blog. Cara pasangnya sanga mudah. Buat unit iklan matched adsense kemudian pastekan di salah satu widget pada satu satu sidebar

Kesimpulan :

Fitur unitk iklan matched content sangat membantu publisher untuk meningkatkan pendapatan adsense. Namun penggunaanya harus pada situs yang memang sudah memenuhi syarat dari google adsense. Fitur matched content juga dapat menambah page view blog karena tampilan unit iklan tersebut menampilkan artikel terkait yang terdapat dalam blog sehingga dapat pengunjung untuk membuka satu halaman blog 

Demikian cara Cara Mendapatkan dan Memasang Iklan Matched Content Adsense semoga bermanfaat

Salam Sukses

Related Posts

No comments:

Post a Comment