E-Rapor, E-Monitoring, E-Learning Segera LAUNCHING


Sobat operator  sekalian, Pada tahun pelajaran 2017/2018 mendatang Aplikasi E-Rapor, E-Monitoring, E-Learning akan dirilis dan digunakan  bagi semua jenjang pendidikan. Sebuah aplikasi pengelolaan nilai, pengelolaan monitoring, dan pengelolaan belajar yang khusus ditujukan bagi sekolah. Semakin bertambahnya tahun semakin dicanggihkannya aplikasi pendataan pendidikan yang memberikan kontribusi yang baik dan akurat dalam satuan pendidikan. Aplikasi raport siswa dapat memberikan laporan nilai siswa ke kemendikbud.

Dalam wacana yang beredar di media sosial E- Monitoring yang akan dirilis belum tahu persis seperti apa fitur-fiturnya dan apa yang direncanakan oleh pusat pasti akan terealisasi. Kita sebagai Operator hanya menerima dan bersedia melakukan pendataan yang diminta sesuai prosedur dan mekanisme tanpa ada manipulasi.

Mari kita suksekan kemajuan pendidikan di tanah air, tanpa bersungut. Kita tahu bersama sistem pendataan menjadi tanggung jawab dari berbagai pihak mulai dari sekolah, dinas pendidikan kabupaten, propinsi dan kementerian pendidikan. Dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab semestinya kita didasari dengan rasa cinta dengan tanggung jawab sehingga pada akhirnya tidak berdampak pada kerugian satuan pendidikan pada khususnya dan pendidikan nasional pada umumnya. Memang pekerjaan operator sangatlah berat kerana selain mengerjakan dapodik tidak terlepas dari tugas mengerjakan manajemen sekolah bahkan operator sekolah dibebankan pada pengerjaan administrasi guru. Guru dan tenaga kependidikan juga seyogianya harus membagun kerja sama yang baik dengan operator sekolah sehingga berdampak posetif bagi pelaksanaan pendidikan.

Bocoran informasi yang dirangkum dalam berbagai media sosial bahwa dapodik versi 2017d, akan ada penambahan menu baru yakni jadwal mata pelajaran dan absen kehadiran guru, Yang menarik dalam aplikasi dapodik 2017d yang akan segera dirilis adalah pengisian kehadiran guru harus setiap hari dan tidak boleh melewati bulan berjalan, Adanya aplikasi dapodik yang terintegrasi dengan kehadiran guru maka berdampak posetif bagi keaktifan guru. Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber Aplikasi dapodik versi 2017d akan dirilis pada awal agustus 2017.

 E-Rapor, E-Monitoring, E-Learning LAUNCHING


Hal ini disampaikan oleh admin pusat kemdkibud melalui akun facebooknya

Semangat Pagi Indonesia...!!!
Pengelola Data Pendidikan, Sedang RAMAI Dengan ABJAD "E"....
E-raport... E-Monitoring.... E-Learning... dkk.
Jadi Tetap Semangat... Tapi Jangan MENGELUH ya... Karena Akan Segera LAUNCHING
"E-LIBURAN", walaupun Bekerja Tetap Bisa Liburan Melalui DARING...
#E_LIBURAN
#Eaaaaalahhhhh
#Go_Ahead_Nanti_Juga_Loe_Paham
--- Salam ---

Postingan facebook diatas adalah postingan yang berasal dari admin Kemeneterian Pendidikan Dan Kebudayaan RI di Jakarkta, Selayaknya kita sebagai Operator Sekolah selalu membuka status admin Kemdikbud karena sangat berguna bagi pendataan pada satuan pendidikan yang kita kerjakan datanya. Dalam akun facebook admin pusat kemendikbud juga telah menyebarkan kehadiran guru yang kemungkinan akan terintegrasi dengan dapodik, namun kita belum tahu mekanisme pendataannya. Rencana publikasi daftar hadir guru dan tenaga kependidikan di awal tahun pelajaran 2017/2018. Kita menantikan seperti model pendataannya.

Demikian informasi yang berkaitan dengan  E-Rapor, E-Monitoring, E-Learning Segera LAUNCHING agar kita sebagai guru selalu melek IT. Perlu kita sadari bersama bahwa kemingkinan waktu yang akan data bisa saja kemendikbud menggunakan daftar hadir onlien yang semakin canggih, kita lihat contoh sejak tahun 2012 yang lalu kemendkibud sudah mulia menerapkan sistem pendataan online yang walaupun sistem dapodik pertama tidak begitu canggih seperti dapodik yang sekarang kita gunakana.

Sistem pendataan yang akurat dan akuntable berdampak pada pengaruh posetif bagi kemajuan penndidikan, misalnya sudah mengurangi manipulasi data. Namau masih ada yang kurang siap melaksanakan sistem pendataan online karena berbagai faktior yaitu sarana prasana yang kurang memadai, jaringan internet yang terjangkau di sekolah, akses tranportasi serta SDM. Aplikasi Rapor yang terintegrasi dengan dapodik akan memberikan pengaruh yang posetif dalam dunia pendidikan yang serba online yang menuntuk setiap guru kelas dan guru mata pelajaran menginput sendiri nilai dalam sebuah aplikasi dapodik.