--> BLOGGER OPS | Trik Blogging, SEO dan Perangkat Pembelajaran Bagi Guru

6/06/2017

Langkah-langkah untuk verifikasi SIM PKB 2017

Langkah-langkah untuk verifikasi SIM PKB 2017


Langkah-langkah untuk verifikasi SIM PKB 2017

Langkah-langkah untuk verifikasi SIM PKB 2017 :Verifikasi dan validasi data ini dalam rangka persiapan pelaksanaan PKB Guru tahun 2017.



PKB 2017 berbasis Komunitas Guru/Pokja (KKG/MGMP). Berikut informasi dari Dirjen GTK mengenai prosedur pendataan Pokja/Komunitas Guru di SIM PKB.

Bagi yang belum mengikuti UKG tahun 2016 maka registrasi di https://sim.gurupembelajar.id/akun/registrasi

Catatan:
Panduan ini diperuntukkan bagi guru yang akunnya telah aktif (telah melakukan registrasi akun).
Sebelum login, guru diharapkan telah menyiapkan data username dan password


Apabila guru ybs lupa password dan hendak mencetak ulang akun (reset password), silahkan minta cetak ulang (reset password) kepada : 
  1. Ketua Komunitas KKG/MGMP atau
  2. Admin GP Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat atau
  3. Admin P4TK naungan Anda.

Akun yang terdeteksi sudah pernah diaktifkan sebelumnya tidak bisa dicetak ulang secara mandiri melalui menu Registrasi Akun. 

 Berikut Langkah-langkah untuk verifikasi SIM PKB 2017 

  1. Buka laman sim.gurupembelajar.id di browser. Isikan Username dan password kemudian klik tombol Login.
  2. Jika berhasil login, maka Anda akan masuk pada Halaman Verifikasi Data. Silahkan periksa Instansi Sekolah, Mapel, dan Jenjang Sekolah
  3. Jika ada perubahan Instansi Sekolah, maka klik pada Tombol Pensil di kotak yang berisi data Instansi Sekolah 
  4. Maka akan muncul tampilan di bawah ini, dan silahkan memilih sekolah di tempat anda mengajar, klik Tombol Simpan.
Langkah-langkah untuk verifikasi SIM PKB 2017
5. Jika ada perubahan Mata Pelajaran, maka klik pada Tombol Pensil di kotak yang berisi data Mata Pelajaran

6. Silahkan memilih Mata Pelajaran yang Anda ajarkan di sekolah, lalu klik Tombol Simpan
7. Setelah data Sekolah Induk dan Mata Pelajaran diverifikasi dan divalidasi, silahkan klik Tombol Simpan
8.Proses Verifikasi dan Validasi selesai.

9. Anda dapat mengakses menu-menu di SIM PKB melalui icon Beranda di pojok kiri Atas,
10. Lalu Klik Komunitas anda, jika anda belum masuk dalam komunitas maka anda harus melapor kepada ketua komunitas atau langsung saja ke Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten untuk mendaftarkan anda dalam komunitas sesuia lokasi sekolah anda


SIM PKB tahun 2017 adalah sebuah kegiatan yang menindaklanjuti hasil UKG atau Guru Pembelajar tahun 2016 yang mana setiap guru yang mendapat sertifikat bagi lulus dan yang belum lulus dalam Ujian Guru Pembelajar pada Tahun 2016

Capaian Kompetensi yang terdapat dalam akun SIM PKB terdapat Nama KM yakni jenjang SD Kelas Bawah dan SD Kelas Atas.

Pada Akun SIM PKB ada hal-hal yang perlu di updet yaitu foto profil pengguna serta mengapdet kontak pengguna ( Email dan Nomor HP) pengguna yang sedang aktif. Perbedaan yang mendasar pada SIM PKB dan Guru Pembelajar (GPO) Tahun 2016 adalah tempat pelaksanaan Kegiatan saja. SIM PKB yang diselenggarakan tahun 2017 dilaksanankan di setiap gugus sekolah dengan mendatangkan narasumber / IN Instruktur, GPO tahun 2016 dilaksanakan di sekolah yang berdakatan dengan ibu kota yang ditentukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten.

Berkaitan dengan biaya pelaksanaan serta akomodasi pelaksanaan PKB kemungkinan masih seperti tahun 2016 yang menggunakan APBN namun sejauh ini belum ada informasi resmi yang terkait dengan biaya dan pendanaan pelaksanaan PKB. Nilai kelulusan SIM PKB kemunkinan akan dinaikan dari ambag batas tahun 2016. Nilai tersebut ditentukan oleh kemdibud, guru dinyatakan lulus apabila melebihi nilai yang diperoleh pada saat ujian melebihi ambang batas yang ditentukan oleh kemdikbud

Mencetak Kartu Anggota

Untuk Mencetak Kartu Anggota  POKJA anda harus terdaftar terlebih dahulu dalam komunitas PKB. Apabila belum terdaftar dalam Komunitas/POKJA maka tidak bisa untuk mencetak kartu peserta PKB.
Cara mencetak Kartu Anggota :
- Login di Akun SIM PKB
- Klik Data Komunitas
- Klik Tanda print bagian kanan

Selesai


6/03/2017

Cek Nilai Rapor Aspek Pengetahun, Keterampilan, Dan Sikap

Cek Nilai Rapor Aspek Pengetahun, Keterampilan, Dan Sikap

Cek Nilai Rapor Aspek Pengetahun, Keterampilan, Dan Sikap

Cek Nilai Rapor Aspek Pengetahun, Keterampilan Sikap: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilih upadater dapodik yang sangat canggih yang mana perlahan-lahan aplikasi dan server dapodik sudah memalai meminta nilai rapor dan nilai US/USBN untuk harus diinput dalam aplikasi dapodik.Nilai tersebut akan dikirim secara internet dan sampai ke Kemendikbud.

Permintaan nilai rapor oleh kemdikbud dimulai dari tahun pelajaran 2014 semester 1, hal ini berarti nilia siswa aktif dikelas pada satuan pendidikan tersebut harus diinput nilainya sejak dari tahun 2014 semester 1, Misalkan pada saat ini siswa berada di kelas 5 SD maka diinput nilainya sejak dari kelas 3 semeseter 1 apabila siswa tersebut tidak pernah tahan kelas. Jika siswa itu berada pada kelas 6 SD maka input nilainya sejak dari kelas 4 SD semester 1 apabila siswa tersebut tidak pernah tahan kelas dan seterusnya

Setelah input nilai rapor yang terdiri dari aspek kognitif (pengetahuan), Keterampilan dan Sikap (efektif) maka dapat di syncron di server dapodik. Untuk mengecek hasil syncron nilai melalui login Operator sekolah pada server dapodikdasmen ( http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id)

Mengecek nilai yang masuk di di server dapodik untuk memastikan apakah nilai rapor yang terkirim sudah masuk atau atau tidak.

Menu nilai siswa terdiri dari beberap item yaitu rombel, mata evaluasi, semester, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedngakn  kategori nilai terdri dari pengetahuan, Keterampilan dan sikap. pengetahuan yang wajib diisi adalah KKM, Nilai dan predikat dengan menggunakan angka perpuluhan. Keterampilan juga terdiri dari KKM, Nilai dan predikat, sedangkan untuk aspek sikap terdiri dari spiritual dan sosial namun nilai sikap hanya berlaku bagi mata pelajaran Bahasa Indonesia saja.

Cek Nilai Rapor Aspek Pengetahun, Keterampilan, Dan Sikap :


1.Kunjungi laman http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id
2. Login Operator Sekolah
3. Masukan email, paspor dan kode registrasi dapodik
4. Klik Siswa aktif
Cek Nilai Rapor Aspek Pengetahun, Keterampilan, Dan Sikap

5 Klik Biodata siswa
6. Pada data diri akan tampil Menu Nilai, Prestasi, dan beasiswa
7. Pada menu nilai terdapat sub menu Nilai Pengetahuan, Keterampilan dan sikap yang diinput dari tahun pelajaran 2014/2015
8. Pada menu prestasi akan menampilakan prestasi siswa yang diinput di dapodik
9. Pada menu Beasiswa menampilkan jenis beasiswa yang input dalam aplikasi dapodik

Nilai rapor akan dikalkulasikan dengan nilai US/USBN nilai teori dan praktek. Penginputan nilai US/USBN adalah hasil akhir perhitungan nilai rapor, US/USBN serta nilai praktek siswa dan diisi pada login dapodik semeseter dua. Operator sekolah seyogianya menginput atau memasukan nilai rapor dan nilai US/USBN untuk menghindari kerugian siswa serta satuan pendidikan.

Bagi guru yang mutasi atau tidak lagi aktif pada satuan pendidikan tersebut maka yang menjadi tanggung jawab atas proses penginputan nilai adalah guru kelas yang menjabat sekarang serta operator dapodik karena bisa saja guru kelas meminta bantuan untuk mengisi nilai rapor siswa di aplikasi dapodik

Jaman teknologi yang semakin berkembang saat ini sangat mungkin lembaga kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merilis absen siswa dan absen guru yang terintegrasi dengan dapodik yang mungkin juga akan dikirim secara online. Sangat disayangkan apabila kita sebagai petugas yang mengentri data pendidikan tidak melek atau tidak kemampuan dibidang IT karena hal itu akan merugikan lembaga pendidikan pada khususnya dan negara pada umumnya.

Demikian informasi yang berkaitan dengan Cek Nilai Rapor Aspek Pengetahun, Keterampilan Dan Sikap



5/15/2017

Cara Membuat Akun Login Siswa Di Aplikasi Dapodikdasmen

Cara Membuat Akun Login Siswa Di Aplikasi Dapodikdasmen

Cara Membuat Akun Login Siswa Di Aplikasi Dapodikdasmen

Cara Membuat Akun Login Siswa Di Aplikasi Dapodikdasmen : Saudara Operator Dapodikdasmen yang saya kasihi pada kali ini saya berbagi sedikit pengalaman yang sekiranya sedikit bermanfaat bagi teman-teman operator dapodik

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap PTK/guru dan tenaga kependidikan diperlukan untuk membuat akun login masing-masing di aplikasi dapodikdasmen terutama pada versi terbaru 2017c yang mana diharuskan bagi guru untuk memiliki user login.

Seiring dengan akun login PTK Kemdikbud juga telah membuat atau merilis akun login bagi siswa dengan user nam NISN ( Nomor Induk Siswa Nasional ). Tampilan akun login siswa tidak jauh berbeda dengan akun login Operator dan PTK hanya saja fitur untuk data rinci persiswa saja yang dapat di tampilkan. Untuk sekarang belum ada info yang sangat penting dari kemendikbud yang berkaitan dengan pemanfaatannya terkait akun login siswa. Untuk tahun yang akan datang mungkin akun login siswa sangat penting untuk lengkapi tetapi saat ini admin hanya sekedar berbagi tentang Cara Membuat Akun Login Siswa Di Aplikasi Dapodikdasmen
Akun login siswa dalam aplikasi dapodik terdapat dapat data rinci siswa yang terdiri dari detai data sampai pada data prestasi siswa serta terdapat akademik siswa.Tampilan login siswa memiliki kesamaan pada saat login operator hanya saja perbedaan untuk edit data siswa hanya dapat dilakukan oleh operator sekolah. Operator mempunya kewenaanga untuk edit data siswa sesuai dengan data yang ada.

Berikut  Cara Membuat Akun Login Siswa Di Aplikasi Dapodikdasmen :
2. Pilih Pengaturan
Pada bagian pengaturan terdiri beberapa item lagi yaitu manajemen pengguna yang berfungi pengelolaan pengguna aplikasi, cek pembaharuan aplikasi yang berfungsi sebagai perubahan updater terbaru dari kemdikbud, data prefill rapor berfungsi sebagai data nilai rapor siswa. Pengaturan aplikasi berfungsi sebagai mengubah tampilan aplikasi yang diinginkan
3. Pilih Manajemen pengguna. 
Dalam manajemen pengguna terdapat login PTK dan siswa. Untuk membuat login siswa maka anda harus mengklik bagian buat login siswa username menggunakan NISN ( Nomor Induk Siswa Nasional)
Manajemen pengguna dalam aplikasi dapodik terdapat beberapa item lagi yaitu menu simpan, ubah status keaktifan, buat login PD dan filter pengguna

4. Ketik/isikan kode registrasi dapodik.
Kode registrasi dapodik adalah kode yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan diperuntukan untuk setiap sekolah. Kode registrasi ini bersifat unik dan rahasia dan tidak memiliki kesamaan untuk semua satuan pendidikan. Bila kode registrasi dapodik tidak diingat lagi maka yang berhak pengajuan perubahan atau reset adalah dinas pendidikan kabupate. Kode registrasi dapodik tidak diberikan kepada pihak lain karena akan merugikan sekolah.

 5. Selanjutanya akan menampilkan daftar operator
Daftar Operator dalam aplikasi dapodik akan terdeteksi dalam manajemen pengguna. Bagi sekolah yang sering pergantian operator sekolah maka daftar operator terdata dalam manajemen pengguna. Untuk menonaktifkan operator sekolah yang tidak lagi menjabat harus melaporkan ke operator dinas pendidikan.
6. Pilih buatkan login untuk PD 
Pembuata akun login siswa hanya dapat dilakukan apabila siswa yang terdata dalam dapodik telah memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). NISN akan menjadi user bagi siswa dan paspor adalah tanggal lahir siswa.

7.Klik Ya
Login peserta didik menggunakan NISN dan paspornya adalah tanggal lahir format penulisan paspor pada saat login PD adalah contoh 2008-05-03
Ketika berhasil login akan tampil bagian beranda, peserta didik, profil pengguna serta tombol log out.
Tampilan beranda menampilkan halaman depan satuan pendidikan dan halaman depan siswa

Cara Membuat Akun Login Siswa Di Aplikasi Dapodikdasmen

Adapun manfaat akun login siswa adalah bahwa data siswa terintegrasi dengan dapodik, sejauh ini belum ada sejauh mana pentingnya akun login siswa, namun yang pasti akun login siswa sangat bermanfaat bagi satuan pendidikan pada umumnya dan siswa yang bersangkutan pada khususnya. Tampilan akun login siswa dalam aplikasi dapodikdasmen. Untuk mengganti email serta menghapus daftar OPS  dapodikdasmen adalah kewenangan dinas pendidikan, By Ruben


Cara Mudah Input Nilai Rapor Menggunakan MS-Excel

Cara Mudah Input Nilai Rapor Menggunakan MS-Excel


Cara Mudah Input Nilai Rapor Menggunakan MS-Excel

Cara Mudah Input Nilai Rapor Menggunakan MS-Excel : Sahabat Operator Sekolah yang saya kasihi, Dapodik Versi 2017 c mewajibkan setiap satuan pendidikan untuk menginput dan mengirim nilai rapor SD sejak tahun pelajaran 2014/2015, Tugas ini ditanggungjawabkan oleh guru wali kelas dan guru mata pelajaran. Kadangkala guru sering memberikan tanggung jawab kepada operator sekolah karena alasan berbagai hal. Untuk mempermuda penginputan nilai rapor dalam aplikasi dapodik Kementerian pendidikan khususnya yang menangani langsung dapodikdasmen telah menyediakan fasilitas untuk eksport dan inport nilai rapor siswa dalam bentuk program MS-Excel. Dengan kita menggunakan progra.
MS-Excel maka dapat mempermudah untuk menginput nilai rapor siswa dalam aplikasi dapodikdasmen

Sebelum menginput nilai rapor Operator sekolah terlebih dahulu membuat akun guru pada menu pengusan 



Berikut ini adalah yang saya dapat sajikan Cara Mudah Input Nilai Rapor Menggunakan MS-Excel

1.Menu Nilai
Nilai yang diinput adalah nilai yang terdapat dalam buku laporan pendidikan siswa sejak dari tahun 2014 semester 1. Bagi kelas 6 SD untuk nilai US adalah nilai akhir yang penggabungan nilai raport dan nilai ujian sekolah.

2.Pilih tahun pelajaran diprioritaskan tahun pelajaran 2016/2017 semester ganjil atau diisi dahulu semeseter tahun pelajaran 2016/2017 semester ganjil

3. Klik tambahkan.
Mata pelajaran yang perlu ditambahkan adalah mata pelajaran wajib dan benar-benar ada di sekolah. Penambahan mata pelajaran dalam apalikasi dapodik untuk diisi nilai rapornya sebaiknya ditambahkan secara berurutan sesuia urutan mata pelajaran yang terdapat di buku rapor siswa

 4. Silakan pilih mata pelajaran. Pilihlah urutan yang sesuai deangan urutan mata pelajaran yang di Buku Rapor siswa


 5. Klik double pada salah satu mata pelajaran untuk menampilkan bagan nilai rapor siswa 



 6. Pilih Ekspor pada kolom Eksport dan import sehingga format MS-Excel dapat di download

7. Buka format MS Excel jangan merubah formatnya , karena kalau dirubah tidak akan dapat diunggah
8. Isi nilai rapor dalam bentuk excel

9. Jika sudah selesai mengisi nilai raport yang diexcel maka selanjutnya adalah menggunggah.
10. pilih kembali eksport dan inpor 
11 maka akan tampil seperti ini
Demikian Informasi yang berkaitan dengan Cara Mudah Input Nilai Rapor Menggunakan MS-Excel, semoga dapat membantu


5/11/2017

Cara Mengatasi File Prefill Tidak Ditemukan

Cara Mengatasi File Prefill Tidak Ditemukan

Cara Mengatasi File Prefill Tidak Ditemukan : Sahabat Operator Dapodikdasmen yang saya hormati. terbitnya patch dapodikdasmen versi 2017 c maka mengalami banyak perubahan dalam menu rapor salah satunya terbuka buck untuk inpu nilai rapor SD dan SLB.

Topik yang dibahas pada saat ini adalah Cara Mengatasi File Prefill Tidak Ditemukan. topik ini sengaja saya tuangkan dalam BLOGGER OPS karena sesuai apa yang dialami oleh admin dalam meregistrasi prefill nilai rapor. Data prefill adalah sebuah file yang harus kita input ke dalam sebuah aplikasi. Prefill aplikasi dapodim adalah database hasil hasil kiriman data ke kemendikbud yang berlaku dalam periode tertentu dan hanya peruntukan bagi sekolah tertentu. Data yang dikirim masuk di server dapodik dan olah untuk pergunakan dalam suatu periode yang ditentukan. Data prefill dapodik dapat diinput secara online maupun secara offline. Data prefill digunakan untuk semua jenjang pendidikan yaitu PAUD, SD, SMP, dan SMA/SMK kecuali perguruan tinggi

Fungsi Data Prefiil Dapodik

Dengan adanya data prefill maka data yang pernah diinput sebelumnya tidak perlu lagi untuk diinput ulang karena dalam data prefill sudah tersimpan data yang telah diolah oleh server dapodik. Sebagai contoh kasus terjadi kerusakan komputer atau leptop yang terinstal dengan dapodik maka operator sekolah tidak perlu lagi untuk menginput satu persatu data ke dalam leptop yang sudah tersedia. Penggunaan data prefill terlebih dahulu mengeneret prefill sehingga menjadi yang siap didownload untuk pakai 

File Prefill Tidak ditemukan sering kali dialami oleh banyak teman-teman operator dapodikdasmen dimana-mana. Penyebab file prefill tidak ditemukan pada saat registrasi adalah karena terdapat prefill -prefill lama dalam folder tertentu kebanyakan di folder download

Cara Mengatasi File Prefill Tidak Ditemukan

Registrasi Dapodik Dengan Menggunakan Metode Offline 

Registrasi Dapodik Dengan Menggunakan Metode Offline tentu harus menggunakan data prefill yang telah digerenet dan download. Kemendikbud memberikan dua metode registrasi dapodik yaitu Online dan Offline jika kita menggunakan cara Offline maka tentu kita harus menggunakan data prefill. meregistrasi dapodik dengan cara offline adalah memasukan data satuan pendidikan yang telah diolah oleh server tanpa menyambungkan koneksi internet. Metode offline dengan memasukan data prefill di folder C komputer kita. Data akan masuk sesuai hasil kiriman yang lalu

Kendala yang berkaitan dengan file prefill tidak ditemukan pada saat registrasi  saya dapat mengatasinya dengan cara- cara seperti ini :
1. Buka atau kunjugi situs resmi dapodikdasmen http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
2. Klik unduhan, kemudian pilih salah satu link yang anda inginkan
3. Masukan kode registrasi dapodik sekolah anda.
4. Generet prefill, menunggu beberapa menit sambil server dapodik memproses prefill dan ketika selesai klik download
4. Prefill yang di download di simpan dulu di Data D maksudnya supaya data prefill jangan terhapus
semua prefill di folder download, karena mungkin di folder download terdapat prefil lama lalu jangan lupa hapus juga di recyle bin
6. Copy Data prefill yang di simpan di data D lalu pastekan di bagian folder Prefill_dapodik
7. registrasi ulang.
8. Refres kembali aplikasi yang sudah terinstal

Kendala umum yang terjadi sehingga pada saat registrasi dapodik adalah karena masih terdapat data prefill lama di komputer, maka sebelum registrasi dapodik ada baiknya periksa semua folder di download maupun di dokumen jika ditemukan prefill lama dihapus. Data prefill yang masih tersimpan di leptop menyebabkan proses registrasi dapodik menjadi terhambat

Demikian totorial yang berkaitan dengan Cara Mengatasi File Prefill Tidak Ditemukan


Semoga bermanfaat




5/08/2017

Kontak Pusat Layanan Pengaduan NUPTK Invalid

Kontak Pusat Layanan Pengaduan NUPTK Invalid

Kontak Pusat Layanan Pengaduan NUPTK Invalid. Saudara teman-teman pendidika se tanah air kali ini saya memberikan totorial yang berkaitan dengan kontak kemdikbud khsususnya untuk perbaikan NUPTK yang Invalid. Sebenarnya tidak perlu kita bersusah payah untuk mencari kontak kemdikbud cukup kita mengambil kontak yang terdapat dalam website resmi kemdibud ada yang berupa No  Hanphone,Call Center, telepon, Alamat fax, serta No Hp untuk layanan sms serta email pengaduan

Kontak tersebut perlu kiita catat serta kita arsipkan dalam buku catatan pribadi atau kita simpan di komputer kita, maksudnya jika suatu waktu ada masalah yang berkaitan dengan data individu kita langsung menghubungi kontak tersebut namun ketika kita menghubungi jangan harap saat itu juga diberika respon atau dibalas tetapi pesan kita masih dalam antrian. Layanan Informasi dan pengaduan milik kemendikbud disediakan untuk umum informasi dan pengaduan yang disampaikan harus berkaitan dengan pendidikan, sarana prasarana, PTK dan berkaitan dengan siswa

Berikut kontak pusat PDSPK yang berkaitan dengan NUPTK NISN yang admin ambil dari situs remsi PDSPK Kemdikbud. Preosedur penyampaian informasi dan pengaduan harus mencantukan nama lengkap, Nomor Induk Kartu Kependudukan, Nonomro Induk Pengawai apabila PNS, NUPTK apabila memiliki NUPTK, Nomor HP, Tempat bertugas, Status kepegawaian

Perlu di ingat untuk mengambil kontak pusat kemdikbud kita harus mengambil di situs resmi kemdikbud sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diingankan.


Layanan Terpadu Kemendikbud

Gedung C Lantai 1 Kompleks Kemdikbud Senayan Jakarta, 10270
Call center : 177 Telp : 021 5703303 Fax : 021 5733125 SMS : 0811976929
Email : pengaduan@kemdikbud.go.id. Website http://ult.kemdikbud.go.id

Kontak Pusat Layanan Pengaduan NUPTK Invalid
Kontak diatas sering saya gunakan untuk menghubungi ke kemdikbud khususnya yang berkaitan dengan masalah NUPTK Invalid 

Contoh kasus: ada teman guru yang NUPTK Invalid karena kesalahan awal penginputan di dapodik hingga masih belum benar NUPTK padahal NUPTK nya di PDSP berbeda kita bisa sampaikan permasalahannya.

Dalam menyempaikan pengaduan atau permasalahan yang terjadi kita cantumkan NUPTK yang salah dan NUPTK yang benar serta kita cantumkan NPSN, Nama Guru yang bermasalah, Alamat, NIP jika PNS, Nama sekolah, Kecamatan, kabuapetn, serta propinsi, Kita dapat menyampaikan permohonan untuk di Perbaiki

Contoh Pengaduan :

Salam ... 
"Saya bernama Sabarius Makale S.Pd NUPTK : 1447762666200003 Tampat Tgl Lhir : Mburukulu 15/11/1984 Tempat Mengajar : SD Negeri Kamalapau NPSN : 60730084 Alamat Sekolah : Desa Lai Mbonga Kecamatan Kahaungu Eti, Kab. Sumba Timur , NTT Bersama ini saya ingin meyampaikan pengaduan terkait Insentif Guru Non PNS yang dulunya bernama (Tunjangan Fungsional Guru Non PNS ) Tahun Anggaran 2017 sampai dengan saat ini saya belum mendapatkannya, Informasi dari Dinas Pendidikan kabupaten Sumba Timur bahwa saya adalah penerima Insentif tersebut, Bersama ini saya juga melampirkan file SK Aneka Tunjagan dari Dinas Pendidikan ,Mohon Menindaklanjuti pengaduan saya, terima kasih"

Untuk kolom informasi yang dibutuhkan diisi sesuai tujuan infomasi, sedangkan tujuan penggunaan informasi diisi sesuai dengan tujuan informasi yang anda inginkan. Jika ada file pendukung yang telah disiapkan maka opload di kolom yang di sediakan, hal ini untuk memperkuat permohonan informasi yang ingin kita sampaikan.  Demikian informasi yang berkaitan dengan Kontak  Kontak Pusat Layanan Pengaduan NUPTK Invalid,