--> BLOGGER OPS | Trik Blogging, SEO dan Perangkat Pembelajaran Bagi Guru

12/15/2016

Cara Mudah Mengambil Gambar Screenshot Pada Leptop

Cara Mudah Mengambil Gambar Screenshot Pada Leptop

Cara Mudah Mengambil Gambar Screenshot Pada Leptop : Oya teman-teman apa itu Screenshot ? Screenshot adalah gambar yang diambil dari layar komputer/Leptop atau gambar di Hendphone sejenis android. Kualitas Gambar yang diambil secara Screenshot sama seperti gambar aslinya tanpa mengurangi kualitasnya.

Sebagai operator sekolah pengambilan gambar pada layar leptop sangat penting diketahui yaitu sebagai sesuatu pertangungjawaban kerja dapat dipertanggung jawabkan kepada kepala sekolah. apalagi sekarang ini data sekolah dikirim dan diolah melalui PC dan menggunakan internet

Apa manfaatnya ketika kita mengambil gambar/foto dari Screenshot ? Pengmbilan gambar dari Screenshot akan dijadikan dokmentasi yang sangat penting jika suatu saat kita butuhkan gambar tersebut. Mungkin ada banyak manfaatnya apalagi profesi kita sebagai operator sekolah yang kemungkinan kita diminta untuk mengambil gambar Screenshot sebagai suatu pembuktian. Atau mungkin kita dapat mengambil gambar status facebook orang lain digunakan sebagai pembuktian dan tak akan dapat disangkali lagi walaupun statusnya sudah dihapus

Sebagian orang sudah mengerti tentang cara pemgambilan gambar Screenshot tetapi yang belum mengerti dapat mengikuti langkah langkah ini dengan seksama. Caranya sangat mudah tak perlu mengambil aplikasi dari internet cukup dengan menggunakan program bawaan pada leptop atau komputer sobat aplaksi ini tak adalah snipping tool.

Tak perlu download dropbox, tak perlu juga untuk memotret dengan menggunakan handphone gambar yang terdapat pada komputer atau leptop karena kualitasnya akan berkurang dan mungkin hampir tak dapat dibaca hasil hasil potret menggunakan android atau Handphone.



Berikut cara Cara Mudah Mengambil Gambar Screenshot Pada Leptop
1. Klik Star
2. Klik Windows Accessories
3. Klik snipping tool
Cara Mudah Mengambil Gambar Screenshot Pada Leptop

5. Setelah Program snipping tool sudah terbuka maka Klik New pada program Snipping Tool
Cara Mudah Mengambil Gambar Screenshot Pada Leptop

6. Klik Tahan Mause lalu Seret Mause maka program snipping tool akan mengambil gambar layar leptop atau kompoter lalu save.

Demikian totorial tentang Cara Mudah Mengambil Gambar Screenshot Pada Leptop



12/09/2016

Cara Input  Jumlah Jam Guru Agama Di Dapodik

Cara Input Jumlah Jam Guru Agama Di Dapodik

Cara Input  Jumlah Jam Guru Agama Di Dapodik : Sahabat Operator Sekolah barangkali ada di sekolah sahabat di dalam rombel terdapat dua orang guru agama atau lebih yang mengajar di rombel tersebut akan menimbulkan kekuatiran ketidaknormalan Jumlah Jam Mengajar bagi wali kelas apalagi jika guru wali kelas adalah guru yang sertifikasi. Oleh karena Blogger OPS akan memberikan pemahaman tentang Cara Input  Jumlah Jam Guru Agama Di Dapodik  sehingga sahabat operator sekolah tidak menimbulkan keraguan

Untuk pembelajaran di SD khusus KTSP
Kelas I Jumlah Jam Mengajar 26 Jam
Kelas II Jumlah Jam Mengajar Perminggu adalah 27 Jam
Kelas III Jumlah Jam Mengajar Perminggu 28 Jam


Sedngkan untuk kelas tinggi yakni kelas 4,5, dan 6 maksimal 32 jam perminggu

Pelajaran agama 3 Jam perminggu
PJOK 4 Jam Perminggu

Jumlah jam diatas diperbolehkan menambahkan jam tambahan 4 jam pelajaran apa saja tergantung dengan kebutuhan sekolah dan peserta didik

Berpatokan dengan jumlah jam diatas kemungkinan besar akan membuat bingung bagi Operator sekolah untuk mengisi jumlah jam mengajar bagi beberapa guru agama di salah satu rombel

Dalam petunjuk teknis penggunaan aplikasi dapodik Untuk Mata pelajaran Agama dapat diisikan semua Agama yang diajarkan pada kelas yang bersangkutan, tidak akan mempengaruhi kenormalan jumlah jam rombel

Misalnya pada gambar dibawah terdapat 3 orang guru agama yang mebgajar di kelas yaitu pendidikan agama islam, pendidikan agama kristen dan pendidikan agama katolik

Cara Input Guru Agama Di Dapdik

Pendidikan agama adalah naungan kementerian agama dan tidak diakomodir oleh kemendkbud sebagai dasar pemgambilan keputusan dan pembatalan pencairan sertifikasi bagi guru kelas yang mengajar di kelas yang bersangkutan meskipun saat melakukan validasi tampil warning diaplikasi dapodikdasmen tetapi pada lembar info ptk /info guru tetap normal

Cara Input Guru Agama Di Dapdik
Pada gambar diatas adalah jumlah jam rombel pada kelas 1 yang semestinya maksimal 30 jam dengan adanya 4 jam tambahan maka total jumlah jam rombel seluruhnya menjadi 31 tetapi karena mata pelajaran pendidikan agama adalah mata pelajaran yang terpisah maka rombelnya tetap normal

Untuk dapat memastikan kenormalan jumlah jam rombel (jjm rombel) sahabat OPS dapat mengecek data salah satu guru yang mengajar di kelas yang bersangkutan atau lebih baik membuka info ptk/ info guru milik guru kelas/wali kelas lalu klik bagian rombel letaknya dibagian rombongan belajar 

Sekian artikel ini tentang topik Cara Input  Jumlah Jam Guru Agama Di Dapodik  semoga bermanfaat dan dapat membantu

11/29/2016

Bagaimana Cara Mengopload Data Pendukung Kerusakan Sarpras

Bagaimana Cara Mengopload Data Pendukung Kerusakan Sarpras

Bagaimana Cara Mengopload Data Pendukung Kerusakan Sarpras : Sahabat OPS, setelah kita menginput tingkat kerusakan sarpras di Aplikasi DAPODIKDASMEN maka perlu juga kita mengopload data pendukung kerusakan sarpras di verivikasi validasi satuan pendidikan atau disebut dengan vervapsp yang beralamat resmi http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Cara login akun di akun verval sp tak adalah memalalui akun sdm.data yang telah diregistrasi dan biasa digunakan untuk verivikasi validasi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) serta Verivikasi Validasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (vervalptk)

Dengan melamiprkan file yang berupa foto kerusakan gedung atau bangunan di akun verval satuan pendidikan maka dengan mudah Kementerian Pendidikan memvalidasi sesuai dengan angka kerusakan yang kita input di aplikasi dapodik.

Adapun manfaat lain adalah menghindari kecurangan inputan data tingkat kerusakan bangunan serta dapat memberikan data akurat kepada Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan


Berikut Cara Mengopload Data Pendukung Kerusakan Sarpras :

1. Buka akun http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/

2. Login menggunakan email dan paspor yang tedaftar

3. Klik Menu lalu klik citra
Bagaimana Cara Mengopload Data Pendukung Kerusakan Sarpras


4. Pada menu jenis pilih Kerusakan sekolah
Bagaimana Cara Mengopload Data Pendukung Kerusakan Sarpras
5. Opload foto kerusakan bangunan lalu simpan

6. Menunggu 1 x 24 jam karena TIM PDSPK Kemdikbud untuk menyetujui 

Jika suda di setujui maka akan tampil permanen dan menjadi bahan pertimbangan untuk mendapat bantuan rehab bangunan yang telah rusak


11/28/2016

Cara Registrasi Lokasi Sekolah Di google Maps

Cara Registrasi Lokasi Sekolah Di google Maps

Cara Registrasi Lokasi Sekolah Di google Maps : Salam jumpa bersama saya Ruben Mbiliyora dalam Blogger OPS, kali ini saya hadir dengan membawakan topik singakat Cara Registrasi Lokasi Sekolah Di google Maps. perlu kita ketahui bahwa dengan mendaftarkan lokasi lokasi sekolah di google maps membantu kyalak umum untuk mengetahui lokasi sekolah kita dengan pencarian menggunakan keyword atau kata kunci pencarian.

Google Maps adalah layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google yang digunakan untuk menunjukan lokasi suatu obyek.melaui  citra satelit, Misalkan ketika mengetik nama sebuah lokasi atau nama suatu tempat maka akan tampil seperti gambar dibawah ini

Cara Registrasi Lokasi Sekolah Di google Maps

Berikut langkah - langkah Cara Registrasi Lokasi Sekolah Di google Maps

1. Namun sebelum kita meregitrasi lokasi sekolah di google mpas terlebih dahulu kita membuat email dari google atau kalau sudah memiliki email dari google langsung masuk ke email dan silakan mengunjungi alamat google maps

2. Setelah terbuka halaman google maps klik kotak pencarian dan ketik nama desa misalnya saya nama desa lokasi sekolah Lai Mbonga lalu enter
Cara Registrasi Lokasi Sekolah Di google Maps

maka akan tampil garis putih yang merupakan garis batas desa 

3. Cari lokasi anda, upayakan perbesar petanya agar terlihat jelas

4. Klik Menu pojok kiri atas yang ada anak panah, lihat gambar dibawah ini

Cara Registrasi Lokasi Sekolah Di google Maps

5. klik tambahkan, ada dibagian bawah 
Cara Registrasi Lokasi Sekolah Di google Maps
maka akan tampil penunjuk arah yang berwarna merah, arahkan penunjuk arah ke lokasi sekolah

6, Pada kotak tambahkan tempat isilah Nama Sekolah, alamat tidak perlu diisi karena google akan memproses alamat sekolah penunjuk arah, Kategori pilih sekolah, isilah nomor HP aktif, situs web jika ada atau dibiarkan saja jika memang tidak ada

perhatikan gambar di bawah ini
Cara Registrasi Lokasi Sekolah Di google Maps

Jika semuanya sudah selesai diisi klik kirim

Dalam waktu 1 kali 24 jam anda akan mendapat email pemberitahuan dari tim google maps bahwa lokasi yang anda daftarkan sudah approoved atau di setujui

Sekilan dan Terima Kasih

11/14/2016

Cara Aktivasi Akun PTK Baru di SIMPATIKA

Cara Aktivasi Akun PTK Baru di SIMPATIKA

Cara Aktivasi Akun PTK Baru Di Simpatika : Cara aktivasi akun PTK di Simpatika Kemenag sangatlah mudah dan dilakukan secara mandiri atau bisa meminta bantuan Operator Sekolah. Pastikan anda sudah mendapatkan S02 yang di print oleh Operator Sekolah, S02 merupakan lembaran yang berisi user ID (PegID) dan paspor yang digunakan untuk aktivasi akun PTK. Jika belum mendapatkan S02 terlebih dahulu melakukan registrasi akun PTK di Simpatika.

Registrasi akun PTK di SIMPATIKA Kemenag hanya diperuntukan bagi guru yang berpendidikan terakhir lulusan Pendidikan Agama dan mengampu mata pelajaran agama di sekolah induk. SIMPATIKA hanya di pakai oleh Kementerian Agama RI.

Berikut Cara Aktivasi Akun PTK Baru Di Simpatika  yaitu dengan langkah-langkah dari awal hingga akhir :

1. Kunjungi  http://simpatika.kemenag.go.id/
Cara Aktivasi Akun PTK Baru di SIMPATIKA

2. Klik Login
Cara Aktivasi Akun PTK Baru di SIMPATIKA

3. Isilah PegID dan paspor yang terdapat dalam S02

Cara Aktivasi Akun PTK Baru di SIMPATIKA
4. Maka tampak seperti gambar dibawah ini. Segera membuat paspor
Cara Aktivasi Akun PTK Baru di SIMPATIKA
5. Klik Simpan dan login menggunakan PegID dan paspor yang baru dibuat
6. Selanjutnya mengisi data rinci PTK
7. Setelah login sebagai PTK Klik Siap PTK
8. Untuk melihat data yang di registrasi oleh Operator sekolah klik VerVal Lv.1 Data Dasar Tahap ini telah Anda selesaikan. Pada menu ini sebagai data awal registrasi dari akun sekolah
9. Klik Edi data untuk mengisi data rinci PTK
Cara Aktivasi Akun PTK Baru di SIMPATIKA
10. Pada menu edit dan kontak terdapat kolom data rinci yaitu alamat rumah,( Propinsi, Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan, RT/RW. nomor telepon, alamat email aktif , agama, status kepegawaian.



11. Setelah mengisi biodata info dan kontak silakan klik simpan dan lanjut
12. Isilah data Rinci PTK (Data Kepegawaian Dan Pekerjaan) lalu simpan dan lanjut
Cara Aktivasi Akun PTK Baru di SIMPATIKA
13. Anda akan diarahkan ke halaman riwayat mengajar, pastikan mengajar mata pelajaran agama di sekolah Induk

13. Isilah riwayat pendidikan, yang diminta dalam SIMPATIKA hanya pendidikan SD dan Perguruan Tinggi lalu simpan dan lanjut
Cara Aktivasi Akun PTK Baru di SIMPATIKA

14 Maka akan tampil pemberitahuan
15. Selanjutnya, silakan kembali ke halaman Beranda untuk melakukan cetak berkas ajuan, kemudian serahkan ke Admin Sekolah Induk Anda.

16. Klik Cek Status VerVal Lvel 2
Cara Aktivasi Akun PTK Baru di SIMPATIKA


17. Jangan lupa Centang " Saya menyatakan bahwa data yang saya isi diatas telah sesuai dengan kondisi terbaru dan berdasarkan dokumen legal yang benar.
Apabila saya terbukti memberikan data yang tidak benar, saya bersedia dikenakan sanksi administrasi dan pidana sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku " 

18 Klik Setuju dan Cetak, Anda akan mendapatkan S03c
Cara Aktivasi Akun PTK Baru di SIMPATIKA
19. Selanjutanya konfirmasikan kepada Operator sekolah induk untuk di konfirmasi tahapan level 2. Deangan terbitnya S03c berarti anda telah memasuki Verval Level 2, maka berahirlah Cara Aktivasi Akun PTK Baru Di Simpatika 

11/13/2016

Cara Mendaftar Di Akun SIMPATIKA

Cara Mendaftar Di Akun SIMPATIKA

Cara Mendaftar Di Akun SIMPATIKA : SIMPATIKA adalah program layanan lanjutan PADAMU NEGERI KEMDIKBUD yang telah ditutup namun masih digunakan oleh Kementerian Agama yang disesuaikan khusus untuk kebutuhan  PTK di Lingkungan Kementerian Agama (Kemenag)

Bagi guru pendidikan agama yang mengajar di setiap satuan pendidikan wajib mendaftarkan dalam akun simpatika karena guru agama adalah naungan kementerian agama.

Untuk mendaftarkan PTK pastikan anda login sebagai Operator Sekolah dengan menggunakan user ID dan paspor yang berasal dari PADAMU NEGERI, Layanan ini hanya diperuntukan bagi guru agama yang berpendidikan S1 dan mengajar pada mata pelajaran agama.

Berikut  Cara Mendaftar Di Akun SIMPATIKA  : 
1. Kunjungi http://simpatika.kemenag.go.id/


Cara Mendaftar Di Akun SIMPATIKA

2.Pilih Login
3.Pilih Login Admin/PTK

Cara Mendaftar Di Akun SIMPATIKA


4. Masukan user dan paspor akun sekolah
5. Pilih sekolah

Cara Mendaftar Di Akun SIMPATIKA


6. Pilih Pendidik dan Tenaga Kependidikan - Registrasi PTK - Registrasi PTK Level 1

Cara Mendaftar Di Akun SIMPATIKA

7. Isilah Data PTK dengan teliti

Cara Mendaftar Di Akun SIMPATIKA


8. Klik Lanjut
9. Print S02 yang berupah lembaran yang berisi user (PegID) dan Paspor lalu berikan kepada PTK yang bersangkutan

Cara Mendaftar Di Akun SIMPATIKA


10. Selanjutnya PTK yang bersangkutan dapat mengaktivasi akun SIMPATIKA di http://simpatika.kemenag.go.id/ dengan mengklik tombol aktivasi akun PTK. Dengan terbitnya S02 posisi akun PTK sudah berada pada level satu

Untuk cara mengisi data SIMPATIKA diakun PTK akan dibuat totorial berikutnya