Cara Meletakan Keyword Dalam Artikel Agar Tampil Di Google

Berbagi Trik dan Cara Meletakan Keyowrd Dalam Artikel Agar Tampil Di  Google - Kata Kunci yang ditarget mempunyai peranan yang penting di mesin pencari. Mengapa??

Karena Kata Kunci atau keyword adalah penggalan kata yang diketik oleh user di google untuk mencari informasi yang dibutuhkan sehingga berdasarkan keyword tersebut mesin pencari google akan menampilkan beberapa deretan blog mulai dari atas sampai paling bawah.Oleh karena itu admin akan memberikan totorial bagaimana cara memasang atau meletakan keyowrd dalam postingan


Google akan menampilkan apa yang dicari oleh pengguna. Maka di sini para webmaster/ pemblogger harus mengetahui teknik cara memasang kayword yang di bidik. Penempatan keyword yang tepat dalam artikel sangat mempengaruhi status kemunculan artikel di google search



Apa Itu Keyowrd/ Kata Kunci ?


Keyowrd adalah rangkaian kata atau penggalan kata yang di ketik oleh manusia atau user ke kotak mesin pencarian pencarian google, yahoo tau bing kemudian kemudian mesin pencari akan menampilkan sejumlah deretan blog yang dari atas sampai bawah berdasarkan keyword di cari oleh pengguna. 


Misalnya saya akan mengetik kata kunci " Blog muncul di pencarian google" atau bisa sobat mengetik sendiri menggunakan kata kunci diatas. Maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.



Cara Meletakan Keyowrd Dalam Artikel

Muncul deretan blog ketika kita mengetik dengan kata kunci kita ingin cari informasi yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Tampilnya deratan blog di google karena penyisipan kata kunci yang tepat dalam artikel.


Bagaimana Cara Memasang Keyword Dalam Artikel?


Sebelum kita meletekan kata kunci dalam artikel yang kita bidik ada beberapa hal yang kita harus perhatikan yaitu



  • Pertama Kita harus melakukan riset keyowrd yang kita targetkan
  • Kedua kita mencari keyowrd yang persaingan rendah tetapi volumen pencarian yang banyak, 

Baca : Cara Riset Keyword Paling Jitu Untuk Blog Baru


Cara Memasang Keyword di Blogspot



Ketika kita sudah mendapatkan keyword yang kita targetkan berdasarkan hasil riset maka kita dalam memasang dalam blogspot yaitu kata kunci tersebut letakan di bagian-bagian tertentu.Berikut cara meletakan kata kunci dalam konten. Penempatan keyword di blogspot ada di bagian-bagian tertentu.



Memasang Keyword Di Judul Artikel Blog


Pada bagian judul adalah bagian yang paling utama dirayapi oleh google maka peletekan keyowrd dalam judul sangat mempengaruhi kualitas dan SERP. 


Harus diperhatikan . Kata Kunci berbeda denga judul. Kata Kunci atau keyword itu lebih umum sedangkan judul itu lebih khusus. 


Ini contoh kata Kunci


Cara Membuat Blog gratis


cara riset keyword


Cara Menulis Artikel Berkualitas


Sedangkan Judul lebih khusus atau lebih spesefik..


Contoh judul dengan menggunakan kata Kunci diatas


Cara Membuat Blog Gratis Bagi Pemula


Gunakan 2 Cara Riset Keyword Bagi Pemula


Lakukan 10  Cara Membuat Artikel yang Berkualitas 



Ya kata yang di garis bawahi adalah kata yang merujuk pada hal yang lebih khusus. Sehingga pada saat meletakan kata kunci dalam judul artikel maka harus tambahkan kata yang merujuk hal yang lebih khusus lagi. Kata yang huruf tebal adalah contoh kata kunci yang dipasang bagian judul konten




cara meletakan keyword dalam artikel

Perhatikan gambar diatas Keyword diberi kotak merah dan judul kata yang merujuk pada hal yang lebih spesifik di beri kotak hitam.


Untuk memasang Keyword di bagian judul artikel ada tiga posisi yakni



  1. Kata Kunci diletakan di awal kalimat pada judul : contoh "Cara Membuat Blog Gratis Bagi Pemula" Huruf tebal adalah kata kunci
  2. Keyword atau kata kunci di sisipkan ditengah tengah kalimat pada judul Contoh : "Gunakan 2 Cara Riset Keyword Bagi Pemula ". Huruf tebal adalah kata kunci atau disebut dangan kata lain keyword
  3. Kata Kunci di letakan diakhir kalimat judul. Contoh " Lakukan 10 Cara Menulis Artikel yang Berkualitas "

Tetapi peletakan kata kunci yang paling baik dan lebih seo friendly adalah dibagian awal dan akhir kalimat pada judul artikel. Pemasangan keyword dalam judul tidak boleh melebihi dari satu keyword

Contoh penerapan kata kunci yang salah dalam judul


" Cara membuat artikel Yang berkualitas sehingga artikel banyak dibaca Pengunung'" 

Kita perhatikan contoh judul diatas!! kata yang berwarna merah adalah kata bagian dari kata kunci, seharusnya kata tersebut tidak boleh lagi di sisipkan


Kemudian kesalahan yang berikut yaitu judul artikel diatas terlalu panjang. Perlu diingat menulis artikel ilmiah, proposal, karya tulis berbeda dengan menulis judul di blog. 


Mengapa? 


Dalam google maksimal judul post blog atau website adalah 65 karakter saja. Kalau lebih bagaimana?


Yuch....Perhatikan ini !!


Contoh diatas adalah judul yang di potong oleh google karena pada saat pembuatan judul konten terlalu panjang sedangkan blog bagian paling bawah adalah judul yang normal.



Memasang Keyword dalam Artikel


Meletakan keyword dalam artikel adalah hal yang sangat penting untuk optimasi blog sehingga blog bisa mnucul di halaman pencarian google. Tidak ada kata kunci dalam artikel maka sulit dirayapi oleh google karena konten tersebut melenceng dari keyword yang terdapat di bagian judul artikel.

Ada beberapa hal yang diperhatikan dalam menyebar keyword dalam konten yaitu :

Peletakan keyword di paragraf pertama

Meletakan kata kunci diparagraf pertama adalah hal tak kalah penting karena artikel yang dipublish akan dirayapi oleh google di paragraf bagian awal.

Peletakan keyword artikel di paragraf pertama sudah hal umum bagi pemblogger, karena itu memang banyak diterapkan oleh ahli seo.

Contohnya seperti ini :

Ketika saya mengetik kata kunci ini " cara membuat blog "  di kotak pencarian google, maka tampil sejumlah deretan blog yang masing-masing menampilkan artikelnya yang terkait dengan kata kunci cara membuat blog

Lihat saja pada gambar dibawah ini !. 



Cara Meletakan Keyword Dalam Artikel
Kata yang diberi kotak merah di gambar sebelah kanan adalah kata kunci yang saya ketik, kemudian saya membuka salah satu blog (gambar sebelah kanan) maka muncul diawal paragrah dengan kata kunci yang saya ketik tadi. 

Kemudia kita lihat di gambar kanan ada kata yang di beri kota merah dengan kata blog. ini adalah penggalan kata yang merupakan bagian dari kata kunci " cara membuat blog"

Meletakan Keyword di seluruh artikel  setiap paragraf.

Menulsi artikel di blog berbeda dengan menulis artikel berjenis karya tulis, tugas akhir belajar, proposal, karya tulis. Membuat artikel di blog berhungan dengan optimasi mesin pencari google, 

Perlu diperhatikan dalam menyebar kata kunci di setiap paragraf adalah penerapan keyword density dan penyisipan penggalan kata kunci.

Keyword density adalah pengulangan kata kunci dalam artikel misanya kata kunci yang saya bidik pada konten ini adalah : Cara Meletakan Keyword Dalam Artikel " jadi kata kunci ini jangan terlalu banyak dalam artikel. 

Aturan pengulangan kata kunci dalam artikel blog di google adalah 3 sampai 5 persen saja, jumlah ini dapat kita hitung dengan mengkalukasikan dengan jumlah seluruh karakter.

Contoh penerapan pengulangan keyword density.

Di paragraf pertama ada keyword : " Cara Meletakan Keyword Dalam Artikel"
Paragraf kedua ada lagi keyword ini
Paragraf ketiga masih ada 
Paragraf ke empat dan ke lima masih dan setersunya masih ada,, tidak ada penggalan-penggalan kata dari keyword tersebut.

Jika ini yang terjadi maka keyword suffing sehingga berakibat artikel hilang dari mesin pencari karena pemasangan keyword yang sama terlalu banyak dan di potong-potong. Boleh pengulangan kata kunci yang sama asal yang terlalu banyak,  harus ada penggalan kata.

Contoh penggalan keyword dalam artikel :


Contoh keyword yang ditargetkan adalah  " Wisata Alam Di Sumba Timur

Judul konten " 10 Objek Wisata Alam Di Sumba Timur Yang Menarik"

supaya warga net mengetahui lokasi wisata alam di sumba timur

Berikut cuplikan singkat  penggalan keyword dalam postingan blog


Sobat warganet tahukan kamu bahwa di Daerah Kabupaten Sumba Timur Propinsi Nusa Tanggara Timur ada banyak sekali wisata alam yang sangat menarik? Panorama Alam di Sumba Timur yang sangat indah membuat penikmat wasita terpikat untuk berkunjung di Pulau Sumba. Ada banyak jenis wisata alam di tanah sumba yaitu ada air terjun di Laputi, dan air terjun di Tanggedu bukit wairinding, pantai walakiri, pantai watu parunu dan masih banyak lagi wisata alam lainnya yang terdapat di Sumba Timur

Dan kembangkan terus dengan merinci lokasinya, foton, dan, keunikannya dan lain sebagainya

Kata yang tebal adalah penggalan kata kunci dari "Wisata Alam Di Sumba Timur" sedangkan kata yang berwarna merah adalah kata yang mendukung tentan keyword tersebut. Kata alam berhubungan dengan kata pantai, air, kata daerah berhubungan dengan kabupaten, kata indah dan menarik berhubungan dengan kata wisata, Logikanya berwisata untuk menikmati keindahan alam.

Ketika meletekan penggalan kata dan menyisipkan kata pendukung maka akan tampil seperti gambar di bawah ini ketika saya mengetik kata kunci "Wisata Alam Di Sumba Timur"

dibagian bawah sekali muncul penelusuran terkait di google, 
Cara Meletakan Keyword Dalam Artikel
Inilah yang namanya LSI Keyword yaitu Latent Semantic Indexing Keyword yaitu kata yang memiliki revenasi dengan keyword yang ketik tadi

LSI Keyword sama dengan sinonim

Baca : Cara Menemukan LSI Keyword

Misanya Jeruk ada kaitan dengan manis, enak, masak, tumbuhan, tanaman

Misalnya Keyword "Jual Hendphone" ada kaitannya dengan kata HP,  harga, murah, sms, telfon, hubungi, merk samsung, nokia, oppo dan lain-lain, Jadi kata-kata ini kita harus letakan dalam artikel karena kata ini yang mendukung dan memiliki revansi dengan keyword yang targetkan

Jadi penggalan kata seperti ini yang google suka, Google menilai konten blog menggunakan user experience yaitu perilku manusia terhadap konten, Perilku manusia terhadap artikel berupa lama membaca konten, membaca sampai selesai, tidak cepat keluar dari blog. Ketika seseorang membaca konten sobat sampai selesai itu berarti google menilai konten sobat berkualitas

Lihat saja konten ini sekarang dengan keyword diatas yang saya pakai ada penggalan kata cara, meletakan, kata kunci, keyword, konten, artikel, menyisipkan, menyebar, memasang. 

Kemudian ada kata pendukung  " Muncul di google, Riset, disukai,

Meletakan keyword dalam permalink

Langkah berikutnya keyword harus kita pasang dalam permalink, Permalin ada di sebelah kanan halaman postingan blog, maka permalink harus kita optimasi karena secara defult blog memiliki permalink permanen apabila tidak dioptimasi maka link yang panjang akan terpotong

Untuk memodifikasi permalink silakan baca Cara Membuat Permalink di Blogspot


Jika Perlu Pasang Keyword Di Tag Heading

Tag Heading itu adalah pokok dan sub pokok sama seperti buku pelajaran ada pokok bahasan dan ada sub pokok bahasan. Tapi dalam blog dinamakan Heading, Sub Heading dan Minor Heading dengan notasi h1, h2, h3, h4, h5, dan h 6


Ketika membuka halaman depan blog Tingkatan yang paling tinggi adalah h1 sebagai Judul Blog, h2 judul artikel , h3  adalah sub judul artikel, h4 adalah judul dari artikel terkait, widget, h5 adalah adalah elemen komentator, dan h6 adalah powored by blogger

Namun ketika kita membuka halam artikel akan berubah posisi menjadi sebagai berikut :
H1 menjadi H2, H2 Menjadi H3, H3 Menjadi H4


Cara Meletakan Keyword Dalam Artikel


Penggunaan H2, H3 dan H4 tidak selalu wajib ketika membuat konten blog, karena tergantung jumlah karakter dalam postingan, kalau jumlah karakater artikel hanya 3 ratusan saja maka lebih baik tidak usah menggunakan sub-subnya.

Maksimal penggunaan H2 (hedaing) dalam artikel sebanyak 4 , H3 (sub heading) sebanyak 8 dan H4 (minor heading) sebanyak 8, tapi itupun apabila karakater ribuan

Na jika menggunakan tag heading maka jangan abaikan peletakan keyword di dalamnya. Yang dimasukan dalam tag heading (h2, h3, dan h4) buka kata kunci utama tetapi LSI keyword 

Contoh saya mencari di google dengan kata kunci utama saya " Cara Meletakan Keyword Dalam Artikel" maka saya akan melihat LSI keyword bagian bawah.

Cara Meletakan Keyword Dalam Artikel
Coba perhatikan sub heading diatas itu adalah LSI keyword yang dipakai, bukan keyword utama, Jadi Penggunaan LSI keyword sangat penting di sub-sub artikel karena LSI keyowrd  adalah kata kunci yang memiliki relevansi

Sisipkan Kata Kunci Dalam Deskripsi Penelusuran

Deskripsi penelusuran adalah cuplikan singkat mengenai konten, Dalam deskripsi penelusuran termuat informasi yang penting yang mengandung kata kunci, Biasanya deskripsi penelusuran adalah kalimat dari paragraf pertama yang copy ke dalam kotak deskripsi penelusuran,

Jumlah karakter dalam deskripsi penelusuran tidak boleh melebihi 156 huruf. Deskripsi penelusuran ada di bagian paling kanan area entri 

Baca cara menulis deskripsi penelusuran pada blog


Letakan kata kunci di gambar postingan

Gambar yang di sisipkan dalam konten harus menyertakan kata kunci yang ditargetkan. Bagaiaman caranya ??

Sebelum mengopload gambar postingan terlebih dahulu rename pada gambar atau nama gambar sesuai keyword di bidik, contoh bila kata kunci sobat adalah  Wisata Alam Di Sumba Timur, maka pemberian nama gambar adalah wisata-alam-di-sumba-timur




Pada title text kita bisa isi judul artikel sedangkan alt text isi keyword yang dibidik kemudian klik ok


Meletakan Keyword pada Innternal Link/Anchor text


Link sangat berpengaruh terhadap seo blog. Ketika membuat link atau tautan yang mengarah ke halaman lain jangan lupa juga menempatkan keyword. Banyak blogger yang membuat tautan link yang menuju ke halaman lain dengan menlis anchor link klik disini, baca disini, kunjungi disini, kalau kita menggunakan kata klik di sini atau baca di sini maka robot mesin pencari tidak dapat merayapi kata kunci untuk halaman yang akan di buka


Tautan yang dihubungkan ke halaman lain sebaiknya di lengkapi saja judulnya untuk halaman yang buatkan tautannya. 


Kesimpulan 

Penerapan kata kunci dalam artikel yang efektif maka akan membuat konten tersebut  berpotensi muncul di google paling tidak berada di halaman 10 besar. Menautkan halaman ke halaman lain mestinya mempunyai keterkaitan topik yang dibahas.

Penyebaran keyword yang berlebihan juga dapa mengakibatkan reputasi blog menjadi buruk karena dianggap keyword suffing sehingga pada akhirnya blog bisa terkena penalty. 

Apabila blog mendapat sanksi penalty google artikel akan hilang di mesin pencari google. ketika di lengserkan oleh google maka jangan harap ada satu orang pengunjung.

Demikian cara meletakan keyword dalam artikel.. semoga bermanfaat

0 komentar