--> BLOGGER OPS | Trik Blogging, SEO dan Perangkat Pembelajaran Bagi Guru

5/15/2017

Cara Membuat Akun Login Siswa Di Aplikasi Dapodikdasmen

Cara Membuat Akun Login Siswa Di Aplikasi Dapodikdasmen

Cara Membuat Akun Login Siswa Di Aplikasi Dapodikdasmen

Cara Membuat Akun Login Siswa Di Aplikasi Dapodikdasmen : Saudara Operator Dapodikdasmen yang saya kasihi pada kali ini saya berbagi sedikit pengalaman yang sekiranya sedikit bermanfaat bagi teman-teman operator dapodik

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap PTK/guru dan tenaga kependidikan diperlukan untuk membuat akun login masing-masing di aplikasi dapodikdasmen terutama pada versi terbaru 2017c yang mana diharuskan bagi guru untuk memiliki user login.

Seiring dengan akun login PTK Kemdikbud juga telah membuat atau merilis akun login bagi siswa dengan user nam NISN ( Nomor Induk Siswa Nasional ). Tampilan akun login siswa tidak jauh berbeda dengan akun login Operator dan PTK hanya saja fitur untuk data rinci persiswa saja yang dapat di tampilkan. Untuk sekarang belum ada info yang sangat penting dari kemendikbud yang berkaitan dengan pemanfaatannya terkait akun login siswa. Untuk tahun yang akan datang mungkin akun login siswa sangat penting untuk lengkapi tetapi saat ini admin hanya sekedar berbagi tentang Cara Membuat Akun Login Siswa Di Aplikasi Dapodikdasmen
Akun login siswa dalam aplikasi dapodik terdapat dapat data rinci siswa yang terdiri dari detai data sampai pada data prestasi siswa serta terdapat akademik siswa.Tampilan login siswa memiliki kesamaan pada saat login operator hanya saja perbedaan untuk edit data siswa hanya dapat dilakukan oleh operator sekolah. Operator mempunya kewenaanga untuk edit data siswa sesuai dengan data yang ada.

Berikut  Cara Membuat Akun Login Siswa Di Aplikasi Dapodikdasmen :
2. Pilih Pengaturan
Pada bagian pengaturan terdiri beberapa item lagi yaitu manajemen pengguna yang berfungi pengelolaan pengguna aplikasi, cek pembaharuan aplikasi yang berfungsi sebagai perubahan updater terbaru dari kemdikbud, data prefill rapor berfungsi sebagai data nilai rapor siswa. Pengaturan aplikasi berfungsi sebagai mengubah tampilan aplikasi yang diinginkan
3. Pilih Manajemen pengguna. 
Dalam manajemen pengguna terdapat login PTK dan siswa. Untuk membuat login siswa maka anda harus mengklik bagian buat login siswa username menggunakan NISN ( Nomor Induk Siswa Nasional)
Manajemen pengguna dalam aplikasi dapodik terdapat beberapa item lagi yaitu menu simpan, ubah status keaktifan, buat login PD dan filter pengguna

4. Ketik/isikan kode registrasi dapodik.
Kode registrasi dapodik adalah kode yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan diperuntukan untuk setiap sekolah. Kode registrasi ini bersifat unik dan rahasia dan tidak memiliki kesamaan untuk semua satuan pendidikan. Bila kode registrasi dapodik tidak diingat lagi maka yang berhak pengajuan perubahan atau reset adalah dinas pendidikan kabupate. Kode registrasi dapodik tidak diberikan kepada pihak lain karena akan merugikan sekolah.

 5. Selanjutanya akan menampilkan daftar operator
Daftar Operator dalam aplikasi dapodik akan terdeteksi dalam manajemen pengguna. Bagi sekolah yang sering pergantian operator sekolah maka daftar operator terdata dalam manajemen pengguna. Untuk menonaktifkan operator sekolah yang tidak lagi menjabat harus melaporkan ke operator dinas pendidikan.
6. Pilih buatkan login untuk PD 
Pembuata akun login siswa hanya dapat dilakukan apabila siswa yang terdata dalam dapodik telah memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). NISN akan menjadi user bagi siswa dan paspor adalah tanggal lahir siswa.

7.Klik Ya
Login peserta didik menggunakan NISN dan paspornya adalah tanggal lahir format penulisan paspor pada saat login PD adalah contoh 2008-05-03
Ketika berhasil login akan tampil bagian beranda, peserta didik, profil pengguna serta tombol log out.
Tampilan beranda menampilkan halaman depan satuan pendidikan dan halaman depan siswa

Cara Membuat Akun Login Siswa Di Aplikasi Dapodikdasmen

Adapun manfaat akun login siswa adalah bahwa data siswa terintegrasi dengan dapodik, sejauh ini belum ada sejauh mana pentingnya akun login siswa, namun yang pasti akun login siswa sangat bermanfaat bagi satuan pendidikan pada umumnya dan siswa yang bersangkutan pada khususnya. Tampilan akun login siswa dalam aplikasi dapodikdasmen. Untuk mengganti email serta menghapus daftar OPS  dapodikdasmen adalah kewenangan dinas pendidikan, By Ruben


Cara Mudah Input Nilai Rapor Menggunakan MS-Excel

Cara Mudah Input Nilai Rapor Menggunakan MS-Excel


Cara Mudah Input Nilai Rapor Menggunakan MS-Excel

Cara Mudah Input Nilai Rapor Menggunakan MS-Excel : Sahabat Operator Sekolah yang saya kasihi, Dapodik Versi 2017 c mewajibkan setiap satuan pendidikan untuk menginput dan mengirim nilai rapor SD sejak tahun pelajaran 2014/2015, Tugas ini ditanggungjawabkan oleh guru wali kelas dan guru mata pelajaran. Kadangkala guru sering memberikan tanggung jawab kepada operator sekolah karena alasan berbagai hal. Untuk mempermuda penginputan nilai rapor dalam aplikasi dapodik Kementerian pendidikan khususnya yang menangani langsung dapodikdasmen telah menyediakan fasilitas untuk eksport dan inport nilai rapor siswa dalam bentuk program MS-Excel. Dengan kita menggunakan progra.
MS-Excel maka dapat mempermudah untuk menginput nilai rapor siswa dalam aplikasi dapodikdasmen

Sebelum menginput nilai rapor Operator sekolah terlebih dahulu membuat akun guru pada menu pengusan 



Berikut ini adalah yang saya dapat sajikan Cara Mudah Input Nilai Rapor Menggunakan MS-Excel

1.Menu Nilai
Nilai yang diinput adalah nilai yang terdapat dalam buku laporan pendidikan siswa sejak dari tahun 2014 semester 1. Bagi kelas 6 SD untuk nilai US adalah nilai akhir yang penggabungan nilai raport dan nilai ujian sekolah.

2.Pilih tahun pelajaran diprioritaskan tahun pelajaran 2016/2017 semester ganjil atau diisi dahulu semeseter tahun pelajaran 2016/2017 semester ganjil

3. Klik tambahkan.
Mata pelajaran yang perlu ditambahkan adalah mata pelajaran wajib dan benar-benar ada di sekolah. Penambahan mata pelajaran dalam apalikasi dapodik untuk diisi nilai rapornya sebaiknya ditambahkan secara berurutan sesuia urutan mata pelajaran yang terdapat di buku rapor siswa

 4. Silakan pilih mata pelajaran. Pilihlah urutan yang sesuai deangan urutan mata pelajaran yang di Buku Rapor siswa


 5. Klik double pada salah satu mata pelajaran untuk menampilkan bagan nilai rapor siswa 



 6. Pilih Ekspor pada kolom Eksport dan import sehingga format MS-Excel dapat di download

7. Buka format MS Excel jangan merubah formatnya , karena kalau dirubah tidak akan dapat diunggah
8. Isi nilai rapor dalam bentuk excel

9. Jika sudah selesai mengisi nilai raport yang diexcel maka selanjutnya adalah menggunggah.
10. pilih kembali eksport dan inpor 
11 maka akan tampil seperti ini
Demikian Informasi yang berkaitan dengan Cara Mudah Input Nilai Rapor Menggunakan MS-Excel, semoga dapat membantu


5/11/2017

Cara Mengatasi File Prefill Tidak Ditemukan

Cara Mengatasi File Prefill Tidak Ditemukan

Cara Mengatasi File Prefill Tidak Ditemukan : Sahabat Operator Dapodikdasmen yang saya hormati. terbitnya patch dapodikdasmen versi 2017 c maka mengalami banyak perubahan dalam menu rapor salah satunya terbuka buck untuk inpu nilai rapor SD dan SLB.

Topik yang dibahas pada saat ini adalah Cara Mengatasi File Prefill Tidak Ditemukan. topik ini sengaja saya tuangkan dalam BLOGGER OPS karena sesuai apa yang dialami oleh admin dalam meregistrasi prefill nilai rapor. Data prefill adalah sebuah file yang harus kita input ke dalam sebuah aplikasi. Prefill aplikasi dapodim adalah database hasil hasil kiriman data ke kemendikbud yang berlaku dalam periode tertentu dan hanya peruntukan bagi sekolah tertentu. Data yang dikirim masuk di server dapodik dan olah untuk pergunakan dalam suatu periode yang ditentukan. Data prefill dapodik dapat diinput secara online maupun secara offline. Data prefill digunakan untuk semua jenjang pendidikan yaitu PAUD, SD, SMP, dan SMA/SMK kecuali perguruan tinggi

Fungsi Data Prefiil Dapodik

Dengan adanya data prefill maka data yang pernah diinput sebelumnya tidak perlu lagi untuk diinput ulang karena dalam data prefill sudah tersimpan data yang telah diolah oleh server dapodik. Sebagai contoh kasus terjadi kerusakan komputer atau leptop yang terinstal dengan dapodik maka operator sekolah tidak perlu lagi untuk menginput satu persatu data ke dalam leptop yang sudah tersedia. Penggunaan data prefill terlebih dahulu mengeneret prefill sehingga menjadi yang siap didownload untuk pakai 

File Prefill Tidak ditemukan sering kali dialami oleh banyak teman-teman operator dapodikdasmen dimana-mana. Penyebab file prefill tidak ditemukan pada saat registrasi adalah karena terdapat prefill -prefill lama dalam folder tertentu kebanyakan di folder download

Cara Mengatasi File Prefill Tidak Ditemukan

Registrasi Dapodik Dengan Menggunakan Metode Offline 

Registrasi Dapodik Dengan Menggunakan Metode Offline tentu harus menggunakan data prefill yang telah digerenet dan download. Kemendikbud memberikan dua metode registrasi dapodik yaitu Online dan Offline jika kita menggunakan cara Offline maka tentu kita harus menggunakan data prefill. meregistrasi dapodik dengan cara offline adalah memasukan data satuan pendidikan yang telah diolah oleh server tanpa menyambungkan koneksi internet. Metode offline dengan memasukan data prefill di folder C komputer kita. Data akan masuk sesuai hasil kiriman yang lalu

Kendala yang berkaitan dengan file prefill tidak ditemukan pada saat registrasi  saya dapat mengatasinya dengan cara- cara seperti ini :
1. Buka atau kunjugi situs resmi dapodikdasmen http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
2. Klik unduhan, kemudian pilih salah satu link yang anda inginkan
3. Masukan kode registrasi dapodik sekolah anda.
4. Generet prefill, menunggu beberapa menit sambil server dapodik memproses prefill dan ketika selesai klik download
4. Prefill yang di download di simpan dulu di Data D maksudnya supaya data prefill jangan terhapus
semua prefill di folder download, karena mungkin di folder download terdapat prefil lama lalu jangan lupa hapus juga di recyle bin
6. Copy Data prefill yang di simpan di data D lalu pastekan di bagian folder Prefill_dapodik
7. registrasi ulang.
8. Refres kembali aplikasi yang sudah terinstal

Kendala umum yang terjadi sehingga pada saat registrasi dapodik adalah karena masih terdapat data prefill lama di komputer, maka sebelum registrasi dapodik ada baiknya periksa semua folder di download maupun di dokumen jika ditemukan prefill lama dihapus. Data prefill yang masih tersimpan di leptop menyebabkan proses registrasi dapodik menjadi terhambat

Demikian totorial yang berkaitan dengan Cara Mengatasi File Prefill Tidak Ditemukan


Semoga bermanfaat




5/08/2017

Kontak Pusat Layanan Pengaduan NUPTK Invalid

Kontak Pusat Layanan Pengaduan NUPTK Invalid

Kontak Pusat Layanan Pengaduan NUPTK Invalid. Saudara teman-teman pendidika se tanah air kali ini saya memberikan totorial yang berkaitan dengan kontak kemdikbud khsususnya untuk perbaikan NUPTK yang Invalid. Sebenarnya tidak perlu kita bersusah payah untuk mencari kontak kemdikbud cukup kita mengambil kontak yang terdapat dalam website resmi kemdibud ada yang berupa No  Hanphone,Call Center, telepon, Alamat fax, serta No Hp untuk layanan sms serta email pengaduan

Kontak tersebut perlu kiita catat serta kita arsipkan dalam buku catatan pribadi atau kita simpan di komputer kita, maksudnya jika suatu waktu ada masalah yang berkaitan dengan data individu kita langsung menghubungi kontak tersebut namun ketika kita menghubungi jangan harap saat itu juga diberika respon atau dibalas tetapi pesan kita masih dalam antrian. Layanan Informasi dan pengaduan milik kemendikbud disediakan untuk umum informasi dan pengaduan yang disampaikan harus berkaitan dengan pendidikan, sarana prasarana, PTK dan berkaitan dengan siswa

Berikut kontak pusat PDSPK yang berkaitan dengan NUPTK NISN yang admin ambil dari situs remsi PDSPK Kemdikbud. Preosedur penyampaian informasi dan pengaduan harus mencantukan nama lengkap, Nomor Induk Kartu Kependudukan, Nonomro Induk Pengawai apabila PNS, NUPTK apabila memiliki NUPTK, Nomor HP, Tempat bertugas, Status kepegawaian

Perlu di ingat untuk mengambil kontak pusat kemdikbud kita harus mengambil di situs resmi kemdikbud sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diingankan.


Layanan Terpadu Kemendikbud

Gedung C Lantai 1 Kompleks Kemdikbud Senayan Jakarta, 10270
Call center : 177 Telp : 021 5703303 Fax : 021 5733125 SMS : 0811976929
Email : pengaduan@kemdikbud.go.id. Website http://ult.kemdikbud.go.id

Kontak Pusat Layanan Pengaduan NUPTK Invalid
Kontak diatas sering saya gunakan untuk menghubungi ke kemdikbud khususnya yang berkaitan dengan masalah NUPTK Invalid 

Contoh kasus: ada teman guru yang NUPTK Invalid karena kesalahan awal penginputan di dapodik hingga masih belum benar NUPTK padahal NUPTK nya di PDSP berbeda kita bisa sampaikan permasalahannya.

Dalam menyempaikan pengaduan atau permasalahan yang terjadi kita cantumkan NUPTK yang salah dan NUPTK yang benar serta kita cantumkan NPSN, Nama Guru yang bermasalah, Alamat, NIP jika PNS, Nama sekolah, Kecamatan, kabuapetn, serta propinsi, Kita dapat menyampaikan permohonan untuk di Perbaiki

Contoh Pengaduan :

Salam ... 
"Saya bernama Sabarius Makale S.Pd NUPTK : 1447762666200003 Tampat Tgl Lhir : Mburukulu 15/11/1984 Tempat Mengajar : SD Negeri Kamalapau NPSN : 60730084 Alamat Sekolah : Desa Lai Mbonga Kecamatan Kahaungu Eti, Kab. Sumba Timur , NTT Bersama ini saya ingin meyampaikan pengaduan terkait Insentif Guru Non PNS yang dulunya bernama (Tunjangan Fungsional Guru Non PNS ) Tahun Anggaran 2017 sampai dengan saat ini saya belum mendapatkannya, Informasi dari Dinas Pendidikan kabupaten Sumba Timur bahwa saya adalah penerima Insentif tersebut, Bersama ini saya juga melampirkan file SK Aneka Tunjagan dari Dinas Pendidikan ,Mohon Menindaklanjuti pengaduan saya, terima kasih"

Untuk kolom informasi yang dibutuhkan diisi sesuai tujuan infomasi, sedangkan tujuan penggunaan informasi diisi sesuai dengan tujuan informasi yang anda inginkan. Jika ada file pendukung yang telah disiapkan maka opload di kolom yang di sediakan, hal ini untuk memperkuat permohonan informasi yang ingin kita sampaikan.  Demikian informasi yang berkaitan dengan Kontak  Kontak Pusat Layanan Pengaduan NUPTK Invalid,

3/14/2017

3 Alternatif Google Adsense Yang Menggiurkan Yang Dapat Anda Coba

3 Alternatif Google Adsense Yang Menggiurkan Yang Dapat Anda Coba



3 Alternatif Google Adsense Yang Menggiurkan Yang Dapat Anda Coba

3 Alternatif Google Adsense Yang Menggiurkan Yang Dapat Anda Coba : Rasa kecewa dan putus asa yang dirasakan oleh setiap pemblogger karena ditolak oleh google adsense dalam partisipasi sebagai publisher, seolah-olah google adsense adalah satu-satunya media untuk mendapatkan rupiah melalui jaringan internet.

Memang google adsense adalah situs periklanan yang populer dan yang terbaik  di seluruh penjuru dunia namun tak kala syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh google adsense tidak begitu mudah. Pada tahun 2017 google adsense menjadi lebih trend untuk seluruh dunia karena terbukti membayar dan membayar lebih tinggi dari situs-situ periklanan lainnya

Jika anda tahu dalam dunai internet sebenarnya bukan hanya google adsense yang yang menyediakan situs periklanan sayangnya belum banyak orang yang tahu situs yang menawarkan perikanan diblog atau website.
Untuk anda yang telah ditolah oleh google adsense sebagai publisher jangan kecewa karena masih banyak situs perikalanan yang baik memang tdk melebihi baik dari google adsense karena memang google adsense membayar lebih tinggi setiap klik pengunjung blog dengan sistem PPC

Berikut 3 Alternatif Google Adsense Yang Menggiurkan Yang Dapat Anda Coba :


1. AdNow

Adnow adalah situs periklanan alternatif google adsense yang pembayaran sangat singakat dalam jangka waktu satu minggu apabila mencapai ambang batas 20$, Artinya apabila dalam seminggu pendapat blog anda sudah mencapai 20$ maka akan dibayarkan oleh AdNow. Dalam payout dilakukan dengan menggunakan paypal, jadi anda harus memiliki akun paypal, situs AdNow adalah https://id.adnow.com/

2. Genniee SSP

Genniee SSP adalah sebuah perusahan layanan periklanan yang berada di negara Jepang. dan untuk saat ini sudah dibuka kantor cabangnya di Indonesia Jakarta, Di Negara Jepang perusahan ini berdiri sejak 2010 serta berusaha memperluas wilayah cabangnya di berbagai negara, Syarat untuk diterimanya blog anda di situs perikanan Genniee SSP apabila page view 300.000 perbulan, Situs Genniee SSP adalah https://s.geniee.jp/ssp/v2/en/signup

3. Infolink

Infolink didirikan sejak tahun 2007 dan kini sangat populer di seluruh dunia. Infolink adalah layanan periknalan berupa link text layanan ini menggunakan sistem PPM tetapi berupa teks link
Menjadi publisher Infolink anda akan dibayar apabila mencapai ambang $10 dan harus memiliki akun paypal. Situs Infolink adalah www.infolinks.com. Infolink sangat cocok untuk penggantu google adsense.

4. Accestrade

Menjadi publisher accsetrade sangatlah muda karena pendaftarannya tidak begitu sulit. Accestrade adalah platform afiliasi yang berasal dari negara jepang dan kini telah hadir di Indonesia. Menjadi pemasang iklan dari accestrade menjadi dambaan bagi semua pemblogger karena pembayarannya sangat mahal. Pembayaran komisi dalam accestrade berdasarkan CPA (Cost Per Action) artinya kita akan mendapatkan komisi apabila ada aksi dari pengunjung blog dalam hal ini ada yang membeli, menginstal, mengunduh iklan yang kita pasang di blog. Situs Accestrade adalah http://www.accesstrade.co.id



Bagi blog anda yang mempunyai trafik tinggi dan selalu ditolak mentah-mentah oleh google adsense maka anda dapat memcoba 3 situs perikalanan diatas sebagai pengganti google adsense
Silakan mencoba.. semoga dapat membantu
Cara Membuat File PDF Menggunakan MS-Oficce Word

Cara Membuat File PDF Menggunakan MS-Oficce Word

Cara Membuat File PDF Menggunakan MS-Oficce Word : Saudara pembaca Blogger OPS, saat ini banyak file-file yang dibuat dalam bentuk file PDF untuk berbagai kepentingan baik itu skripsi,makalah dan berbagai file yang diminta dalam bentuk file PDF.Dalam pembuatan file pdf tidaklah sulit hanya saja kita  membutuhkan totorial baik melalui tatap muka, minta petunjuk dari orang-orang yang bisa maupun kita mempelajarinya melalui internet. Pada windows sebelumnya tidak ada fitur khusus untuk menyimpan file word untuk file PDF.

PDF (Portble Document Format) merupakan berkas dgital yang dibuat dalam adobe systems yang diperunakan untuk menyimpan dan mempresentasikan teks,gambar, grafik dan tabel. Jika dokumen sudah tersimpan dalam bentuk PDF maka tidak dapat diedit seperti mengedit teks di Word tetapi dapat diedit menggunakan fitur atau aplikasi tertentu. Untuk dapat membuat file dan melihat teks dalam bentuk PDF sebuah komputer harus sudah memilik aplikasi adobe acrobat. Selain penggunaan Adobe Systems di komputer juga dapat digunakan di Android yang mendukung untuk aplikasi Adobe Systems

Pencetakan teks dari format PDF hasilnya pun sama seperti kita mencetak dokumen dari format word dan exel. Secara umum kelebihan file di PDF lebih aman dan mudah ditransferkan ke komputer lain baik melalui cara offline maupun online, selain tampilan file PDF lebih jernih dan rapi. Untuk lebih menghemat tenaga atau biaya salah satu alternatif kita dapat mempelajarinya di media online yakni kita bisa mencarinya di google, sobat cukut mengetik kata kunci pencarian Cara Membuat File PDF Menggunakan MS-Oficce Word  maka akan ditampilkan berbagai blog atau website yang memberikan totorialnya.

Untuk itu admin Blogger OPS menuliskan artikel ini yang berkaitan dengan    Membuat File PDF Menggunakan MS-Oficce Word tetapi hanrus menggunakan MS Oficce Word 2013                            
1. Pertama-tama anda harus buka program MS Oficce Word 2013 lalu ketik teks yang ingin diubah menjadi file PDF

2. Jika sudah selesai menulis/ mengetik maka save as lalu pilih save as type

Cara Membuat File PDF Menggunakan MS-Oficce Word

3. Beri nama file lalu tentukan nama lokasi penyimpanan file

Untuk melihat hasil teks pdf maka anda dapat membuka file yang telah diubah menjadi file PDF.
Demikian totorial yang berkaitan Membuat File PDF Menggunakan MS-Oficce Word dengan semoga dapat membantu..