Cara Mengganti Alamat Blog Agar Jangan Kehilangan Trafik

Alamat blog yang ditentukan dari awal sejak pembuatan blog akan menentukan alamat URL home page dan alamat halaman blog secara terus menerus setiap kali membuat dan memposting artikel. Namun kadang kala sering mengganti alaman blog bisa menimbulkan kehilangan trafik bahkan terjadi broken link. Oleh karena itu admin hadir memberikan totorial yang akan memberikan pencerahan terkait cara mengganti alamat blog yang benar agar tidak mengalami kehilangan trafik

Tapi yang saya bahas di sini adalah cara  mengganti alamat url blog gratis dari google (blogspot.com) menuju yang gratis juga hanya mengganti nama url saja, bukan mengganti alaman blogspot.com menjadi domain com. Misalnya saya pernah mengganti alamat saya yang satu beralamat url panduaruben.blogspot.com menjadi rpp-kurikulum.blogspot.com jadi masih tetap menggunakan domain gratis.

Efek Pergantian nama dan alamat Blog

Mengganti alamat url blog memang gampang-gampang saja tetapi efek dari pergantian alamat dan nama blog bisa menimbulkan trafik. Mengapa? Ini alasannya:

  1. alamat url blog yang lama sudah diserp oleh mesin pencari maka butuh waktu lama lagi google serp alamat blog yang baru.
  2. Jika blog anda adalah blog yang sudah populer maka pengunjung akan kehilangan blog karena ketika suatu saat mencari menggunakan nama dan alamat blog tidak lagi ditemukan. Apabila blog ditemukan maka yang muncul blog sudah dihapus.
  3. Terjadi perubahan verifikasi dalam akun google webmaster dan bing webmaster.
  4. Link yang disisipkan kedalam arikel tidak sesuai dengan alamat link yang baru
Namun ada cara-cara yang dapat dilakukan setelah mengganti nama dan alamat url blog.

Cara mengubah nama dan alamat url blogspot


Sekali lagi saya tekankan bahwa untuk mengubah nama dan alamat url blog tidak sulit mungkin hanya butuh waktu selama 5 menit saja maka nama dan alamat blog akan langsung berubah. Berikut caranya
  • Masuk ke akun dasbor blog anda
  • Pilih setelan atau setting
  • Pilih Dasar - Publikasi - alamat blog - klik edit
  • Isi nama blog yang diinginkan, bila tidak merespon cobalah memakai nama lain atau menggunakan tanda hubung (-) seperti saya http://rpp-kurikulum.blogspot.com. atau mungkin bisa menggunakan angka diakhir nama contoh http://rppkurikulum13.blogspot.com. cobalah menggunakan berbagai nama yang diinginkan pasti bisa
Cara Mengganti Alamat Blog
  • Klik simpan

Setelah Mengubah alamat ur dan nama blog apa yang harus dilakukan?


Ini yang harus dilakukan setelah anda selesai mengubah alamat url blog agar trafik blog jangan turun dan cepat diindeks oleh google. Sekali lagi saya tekankan bahwa alamat blog yang lama sudah terideks digoogle dan untuk mengindeks alamat blog baru membutuhkan waktu yang relatif lama. Maka untuk mempercepat proses pengindeksan alamat blog yang baru maka perlu dilakukan upaya-upaya sebagai berikut:

Daftar dan verifikasi ulang di google search console

Ini perlu dilakukan sesegara mungkin mengingat google search console adalah alat yang digunakan untuk memantau pergerakan situs bahkan tool ini adalah bagian dari mesin pencari google.. Setelah mendaftarkan jangan lupa untuk kirim ulang sitemaps dalam google search console.

Verifikasi ulang di google analytic.

Langkah berikut melakukan verifikasi ulang alamat blog yang baru di google analytic karena ini penting untuk memantau trafik blog. Bila perlu hapus saja properti lama yang terdapat dalam google analytic.

Verifikasi ulang juga di bing webmaster.

Bing wbmaster sama versinya dengan google search console cuma saja bing adalah bagian dari microsoft. Jadi bing adalah mensin pencari juga. Sisipkan ulang kode verifikasi bing dalam templete blog 

Sesuaikan semua link yang terdapat dalam artikel

Ini sangat penting dilakukan agar link yang disisipkan dalam artikel tidak broken link, Broken link sangat tidak disukai oleh google. Broken link sering ditandai dengan kode 404 not found, efek dari dari link rusak mengakibatkan buruknya reputasi blog di mesin pencari.

Setelah ganti alamat blog maka sesering post artikel baru.

Melakukan updet konten secara berkala membantu blog tetap stabil di mesin pencari. Na jika mengganti alamat blog yang baru maka rajin-rajinlah membuat artikel yang baru agar alamat url dan nama baru baru blog cepat cepat di crawl oleh robot google

Sekian Totorila tentang Cara Mengganti Alamat Blog Agar Jangan Kehilangan Trafik



loading...