--> Cara Mengatasi Redirected Ketika Fetch As Google | BLOGGER OPS

6/05/2018

Cara Mengatasi Redirected Ketika Fetch As Google

| 6/05/2018
Google Webmaster atau google console adalah mesin pencari yang memantau pergerakan dan kesehatan situs di google. Setelah selesai mempublish artikel maka dilakukan fetc as google dengan tujuan agar artikel cepat terindeks di google, namun setelah ketika fetch as google sering terjadi kelasahan atau eror dengan status redirected fetch as google atau pengalihan

Status redirected ditandai dengan tanda kuning, Jika tidak ada pengalihan dan kelihatan normal ketika fatch as google maka muncul tanda ceklis hijau dengan tulisan complete atau partial. Kemunculan status pengalihan menandakan peringatan bahwa alamt url yang di fetch as tidak sesuai dengan alamat blog, url yang dimaksud adalah penggunaan http dan https. Status redirected tampil seperti gambar dibawah ini



Cara Mengatasi Redirected Ketika Fetch As Google


Status redirected atau pengalihan ketika fetch as google pernah saya alami dan sempat saya bingung sehingga saya berkeliling di google untuk mencari apa penyabab cara mengatai kesalahan yang terjadi. Setelah saya menemukan cara mengatasinya saya mencobat menerapkan dan hasilnya kembali normal. Oleh karena berberkat dari pengalaman yang saya alami saya berkesimpulan untuk membuat totorial Cara Mengatasi Redirected Ketika Fetch As Url di Google Console


Penyebab Redirected Ketika Fetch As


Penyebab terjadi status pengalihan ketika melakukan submith artikel di fitur fetch as google dalam google search console karena sering terjadi melakukan pergantian alamat http menjadi https, selang bebapa hari atau minggu diganti lagi. Pergantian alamat http ke https dan atau sebaliknya dari https ke http dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan status Redirected Ketika Fetch As.

Apa akibatnya melalaikan status Redirected?

Status pengalihan atau Redirected yang dibiarkan di google console/google webmaster bisa menimbulkan penurunan pengunjung blog karena alamat url yang dipublish akan lambat diindeks oleh robot google.

Saya sendiri pernag alami kasus seperti ini ketika saya sepelekan maka yang terjadi adanya penurunan drastis pageview blog


Cara Memperbaiki Status Pengalihan/redirected fatch as google


Jangan kuatir tentang keslahan ini ada cara ampuh yang pernah saya alami dan pernah saya berhasil mengatasinya hingga saat ketika saya submith ulr ke fetch as google telah kembali normal. Oleh karena itu saya membuat artikel untuk membantu sobat blogger yang mengalamu hal serupa. Berikut langkah-langkah cara memperbaiki status redirected dalam akun google webmaster tool

1. Tambahkan Property Melalui Add Property

Cara ampuh untuk mengatasi pengalihan atau redirected ketika submith artikel di google webmaster tool adalah menambahkan property baru. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan kembali alamat url blog di google search console

  • Masuk ke akun google search console
  • Klik add property
  • masukan alamat blog yang sesuai, jika alamat blog menggunakan https maka ketik https juga 
  • klik add



Cara Mengatasi Redirected Ketika Fetch As Google
2. Verifikasi ulang 

Setelah sobat menambahkan property baru dalam akun google searc console maka jangan lupa untuk melakukan verivikasi ulang blog di google webmaster. Isilah kode verifikasi di dalam templete blog kemudian klik verifikasi. Ini bertujuan untuk memperbaharui situs di google search console.

Baca : Cara Daftar dan Submit Sitemap Blog Ke Google Webmaster Tool

3. Kirim ulang peta situs atau sitemaps di blog

Setelah sobat selesai melakukan verifikasi ulang blog di google search console maka langkah selanjutnya mengirim ulang sitemaps di google console

  • Klik crawl 
  • Sitemaps.
  • add/tes sitemaps
  • Masukan kode berikut  /atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=100

Bagaimana dengan property yang lama yang mengalami kesalahan status redirected/status pengaliah?

Property yang mengalami status redirected ketika fetch as google bisa dihapus bisa juga dibiarkan tapi supaya jangan membingungkan ketika memilih yang normal maka sebaiknya property yang dihapus saja.

Terkait dengan data yang ada dalam property yang lama perlahan-lahan google search console akan menampilkan kembali, seperti jumlah link atau backlink/link toyour site, crawl status, sitemaps content, robots txt terter semua itu perlahan-lahan akan diperbaharui ulang oleh google.

Saya sendiri pernah melakukan penghapusan property dalam akun google search console namun beberapa hari kemudian semua data yang terdapat dalam property yang lama mulai bermunculan, dan kini ketika saya melakukan fetch as google tidak lagi menampilkan status redirected atau pengalihan, semuanya tekah kembali normal ketika saya submith artikel dalam fetch as google kelihatan sudah complete atau partial

Demikian totorial yang terkait bagaiaman cara mengatasi dan memperbaiki status redirected  terhadap url artikel ketika melakukan fetch as google

Related Posts

No comments:

Post a Comment