Cara Mengganti Templete Blog Yang Efektif

Cara Mengganti Templete Blog - Untuk mengubah templete blog harus dilakukan secara benar dan efektif agar trafik organik blog tidak menurun, walapun penurunan trafik blog tidak terjadi secara spontanitas tetapi akan terjadi secara perlahan-lahan. Mengganti templete sama dengan memodifikasi blog, tetapi ada efek buruknya jika dilakukan kurang benar.

Mengapa ?

Ada kode-kode script dan HTML yang telah disisipkan sejak lama ke dalam tempele yang lama yang kita harus sisipkan kembali ke templete yang baru. Penyisipan ulang kode-kode script dan HTML tidak boleh di sisipkan dilain waktu, semestinya segara di sisipkan pada hari itu juga pada saat pergantian tempele blog.

Apa Itu Templete Blog?

Tema atau templete sebuah situs web atau blog adalah tampilhan halaman situs/website atau blog beserta seluruh komponen-komponen utama dan komponen pendukung yang meliputi warna, gambar stylesheet, header, foter, widget halaman konten warna font.

Templete atau tema yang digunakan oleh sebuah situs/blog adalaha bagian dari aplikasi wab yang di dalam blog terdapat kode javacsipt, HTML, yang dapat membentuk sebuah web, Templete blog yang telah digunakan selama ini sudah terindeks sejak lama di google dan struktur templete sudah dirayapi lama oleh google

Tujuan mengganti templete ada beberapa versi yaitu:

  1. Versi Keren : Pada versi ini orang lebih mementingkan tampilan blog yang lebih menarik dan indah di pandang mata.
  2. Versi Fast Loading, Seo mobile friendly : Pada versi ini bertujuan agar templete blog lebih seo di mesin pencari dan mudah dibuka menggunakan android serta kecepatan aksesnya lebih cepat
Kedua versi dan keinginan ditas sah-sah saja tetapi menurut saya, versi fast loading seo mobile friendly lebih menguntungkan ketimbang mendapatkan tampilan yang menarik. Bukan tidak boleh juga blog lebih tampil menarik tetapi blog harus lebih berhabat dengan android karena lebih banyak pengguna yang membuka web menggunakan android.

Jadi untuk membantu blog fast loading soe friendly maka pilihlah templete blog yang seo frindly. Templete blog yang seo friendly ada yang gratis ada juga berbayar. jadi tergantung sobat mau pilih yang mana. Kalau mau pilih templeete blog yang berbayar maka lebih full fersion lagi dari pada yang free. Kalau mau yang free hanya tinggal mengunduh di situs atau blog yang menyediakan tempelete blog. 

Maka templete blog seo friendly menjadi target utama bagi pemblogger sukses karena templete jenis ini lebih bersahabat dengan mesin pencari

Untuk saat ini yang saya bahas di sini adalah cara mengganti templete blog hasil download yang benar dan efektif agar visitor jangan berkurang setelah menganti templete.

Cara mengganti Templete Hasil Download

Untuk mendonload tema blog kunjungi situs-situs penyedia templete disana akan menampilkan templete blog dengan berbagai macam variasi. Anda tinggal koleksi disana. 

Beberapa hal yang diperhatikan Untuk Mengganti Templete blog yaitu sebagai berikut :

Uji tempele yang Mobile Friendly

Sebelum sobat mendownload templete pertama-tama sobat harus menguji tempelete yang ingin di download. Templete yang diuji apakah tempelete yang akan digunakan mobile friendly atau tidak ?  Untuk mengecek templete blog yang mobile friendly kunjungi https://search.google.com/test/mobile-friendly

Cara Mengganti Templete Blog


Masukan alamat ata nama domai templete yang akan akan di download, kemudian klik jalankan pengujian, menunggu sejenak karena google akan melakukan analisis pengujian templete. Apabila templete blog mobile friendly maka siap untuk di download, sebaliknya templete blog tidak mobile friendly maka abaikan templete tersebut dan cari templete yang mobile friendly. Tema blog yang mobile friendly memang sangat disarankan oleh google karena sangat ramah dengan mesin pencari dan ramah dengan pengguna android.

Simpan Kode-Kode Penting Yang berada di Templete Lama

Kode-kode penting yang tersisip dalam templete lama harus disimpan terlebih dahulu, Untuk menyimpan  kode-kode tersebut buka notepad dan simpan dulu di notepad karena sebentar akan di sisipkan ke dalam templete yang baru.

Kode-kode penting apa saja itu?

Kode-kode penting yaitu kode verifikasi google analitic. kode verifikasi google webmaster, kode bing webmaster jika blog pernah didaftar dan di verifikasi di bing,
Simpan dulu meta tag dan title tag, simpan di notepad karena meta tag dan title tag tersebut harus dipasang kembali di templete yang baru. Pemasangan kembali kode-kode, meta tag dan title tag tidak boleh dilakukan di lain waktu, sebaiknya penyisipan kembali pada saat itu juga bila perlu pada ment itu juga 

Sebelum ganti templete simpan dulu kode iklan


Jika blog anda terkait dengan google adsense maka sebaiknya jangan langsung mengpload templete yang sudah di download. Kode Iklan yang terpasang di simpan dulu dan hapus widget iklannya. Jika suda selesai setting menu navigasi barulah memasang kembali kode iklannya. 

Mengapa ?

Begini.... Pada saat pergantian templete maka menu navigasi pada tempele yang baru masih belum terdapat link. Pada google adsense paling sensitif terhadap kejelasan menu navigasi situs. Sebuah situs yang tidak memiliki atau memiliki menu navigasi yang tidak jelas sangat rawan kena banned


Mengganti Templete pada saat tengah malam


Mengapa dilakukan pada tengah malam. Begini pada saat tengah malam pengunjung blog hanya sedikit saja, volume orang yan daring online pada malam hari berkurang.

Mengapa ? Begini pengunjung mau tulisan dan tampilan yang jelas pada sebuah situs, Jika situs tersebut dalam keadaan yang kurang terstruktur maka kemungkinan sangat menganggu pengunjung.


Sesering membuat konten baru


Setelah selesai mengedit templete yang telah dipasang maka jangan pasif lagi, segeralah memposting konten terbaru agar google mengcrawl blog dengan tema yang baru digunakan. Upayakan sesering mungkin membuat konten agar trafik blog blog tetap stabil. Jika ktidak membuat konten baru maka google lambat mencrawl blog karena sudah mengganti templete kemungkinan akan menurunkan trafik pada blog tersebut.


Kesimpulan. 

Untuk mengganti dan mengedit templete blog hasil download jangan lupa lakukan beberapa hal diatas, karena menggant templete berdampak pada penurunan pengunjung blog, awalnya stabil namun setelah mengganti templete blog bisa jadi berkurang. Jadi sesuda mengopload templete blog hasil download sebaiknya segera secapatnya untuk mengedit templete blog hasil download tersebut karena beruhungan dengan indeks google

Demikian artikel ini tentang Cara Mengganti Templete Blog Yang Efektif Agar Trafik Jangan Turun

0 komentar